Kompas TV olahraga sepak bola

Dikritik Langgar HAM Lewat Desain Jersey Baru Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Qatar Murka

Kamis, 29 September 2022 | 18:33 WIB
dikritik-langgar-ham-lewat-desain-jersey-baru-timnas-denmark-di-piala-dunia-2022-qatar-murka
Desain jersey baru Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Sumber: Twitter @hummel1923)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Qatar menanggapi dengan marah terkait desain baru jersey Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022 yang mengandung kritik terhadap negara tuan rumah itu. 

Pada Rabu (28/9/2022) kemarin, Hummel, selaku sponsor apparel resmi Tim Dinamit untuk Piala Dunia 2022 merilis jersey baru yang akan dikenakan oleh Christian Eriksen dan kawan-kawan. 

Dalam perilisan tersebut, Hummel menuliskan bahwa desain jersey Timnas Denmark itu merupakan bentuk pesan kritik terhadap Qatar yang dianggap melakukan pelanggaran hak asasi manusia kepada para pekerja yang ikut membangun proyek untuk Piala Dunia 2022.

Menanggapi hal itu, kelompok penyelenggara turnamen, Komite Tertinggi Qatar (QSC), murka dengan peluncuran jersey baru Timnas Denmark. 

QSC juga membantah klaim dari Hummel yang menyebut bahwa ribuan pekerja telah tewas sehubungan dengan turnamen serta menuduh produsen alat olahraga itu telah menyepelekan "komitmen sejati" Qatar untuk keselamatan pekerja. 

"Sejak memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA, QSC telah bekerja dengan rajin bersama pemerintah Qatar untuk memastikan bahwa turnamen tersebut memberikan warisan sosial yang langgeng," bunyi sebuah pernyataan QSC dikutip dari Sport Bible, Kamis (29/9/2022). 

"Untuk alasan itu, kami membantah klaim Hummel bahwa turnamen ini telah merenggut nyawa ribuan orang. Selain itu, kami dengan sepenuh hati menolak meremehkan komitmen tulus kami untuk melindungi kesehatan dan keselamatan 30.000 pekerja yang membangun stadion Piala Dunia FIFA dan proyek lainnya di turnamen."

Baca Juga: Desain Jersey Baru Timnas Denmark di Piala Dunia 2022 Kritik Qatar sebagai Penyelenggara

"Komitmen yang sama sekarang meluas ke 150.000 pekerja di berbagai layanan turnamen dan 40.000 pekerja di sektor perhotelan."

“Tanggung jawab harus selalu ada di negara-negara untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi hak-hak masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Denmark."

"Kerja SC diakui oleh banyak entitas dalam komunitas hak asasi manusia internasional sebagai model yang telah mempercepat kemajuan dan meningkatkan kehidupan."

"Reformasi Qatar diakui oleh ILO dan ITUC sebagai tolok ukur di kawasan. Seperti setiap negara, kemajuan dalam masalah ini adalah perjalanan tanpa garis akhir, dan Qatar berkomitmen untuk perjalanan itu."

"Kami mendesak DBU untuk secara akurat menyampaikan hasil komunikasi ekstensif mereka dan bekerja dengan SC, dan untuk memastikan bahwa ini dikomunikasikan secara akurat kepada mitra mereka di Hummel," demikian pernyataan tersebut. 

Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Denmark tergabung di Grup D bersama Prancis, Australia dan Tunisia. 

Laga pertama Christian Eriksen dan kawan-kawan akan dihelat pada 22 November melawan Tunisia di Stadion Kota Pendidikan, Al Rayyan.  

Baca Juga: Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Simak Megahnya 8 Stadion Qatar yang Jadi Venue Pertandingan


 


Sumber : Sport Bible

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x