Kompas TV regional sosial

12 Juta Pengemudi Motor "Menyerbu" Jakarta Setiap Hari Kerja

Kompas.tv - 30 September 2022, 05:54 WIB
12-juta-pengemudi-motor-menyerbu-jakarta-setiap-hari-kerja
 Sejumlah pengendara sepeda motor melintas di jalanan. (Sumber: Antara )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebanyak 12 juta pengemudi motor memasuki wilayah Jakarta setiap hari kerja, yakni dari Senin hingga Jumat.

Hal tersebut membuat sejumlah lokasi jalanan di Jakarta sering terjadi penumpukan kendaraan. 

Baca Juga: Tingkatkan PAD, Pemprov Gorontalo Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

"Sepeda motor sekitar 12 juta. Ini menjadi tantangan sendiri, karena pada saat di jalan, sering terjadi kepadatan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak ke Jakarta agar menggunakan kendaraan umum, sehingga bisa mengurangi polusi udara.

"Bisa lebih efisien dan tentu lebih sehat karena tentu jika mereka ada di jalan dengan kondisi terbuka, mereka bisa menghirup polutan," ujarnya. 

Ia menjelaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) agar warga dari wilayah penyangga disediakan transportasi umum.

"Kami dorong untuk menyiapkan layanan angkutan umum langsung. Tadi yang Bekasi sudah kami opersionalkan, juga Tangerang, Depok, kami mulai operasionalkan lagi," kata Syafrin.

Syafrin berharap, masyarakat dari wilayah penyangga yang sebelumnya menggunakan sepeda motor selama pandemi Covid-19, kini bisa kembali memanfaatkan transportasi umum.

Baca Juga: Dishub DKI Jakarta Batasi Lalu Lintas Menuju JIS saat Peresmian Besok

"Akan kami sampaikan apa upaya kami bersama sehingga penanganan permasalahan transportasi ini tidak hanya bicara terkait administrasi saja," kata Syafrin.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x