Kompas TV olahraga sports

Juara Dunia Angkat Besi Remaja Berjaya di Kejurnas 2022, Bawa Pulang 6 Emas ke Jawa Timur

Kompas.tv - 1 Oktober 2022, 03:05 WIB
juara-dunia-angkat-besi-remaja-berjaya-di-kejurnas-2022-bawa-pulang-6-emas-ke-jawa-timur
Salah satu peserta melakukan angkatan dalam Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 yang secara resmi bergulir di GOR Klebengan, Yogyakarta, Selasa (27/9/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-KONI Pusat)
Penulis : Gading Persada | Editor : Vyara Lestari

SLEMAN, KOMPAS.TV - Luluk Diana, lifter asal Jawa Timur tampil prima pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Remaja dan Junior Pupuk Indonesia 2022 yang berlangsung 27 sampai 30 September 2022.

Berlomba di GOR Klebengan, Sleman, DIY, Luluk yang juga merupakan juara dunia Angkat Besi tingkat remaja kelas 49 kg itu sukses memborong enam emas dari tiga emas di kategori Remaja dan tiga emas di kategori Junior pada kejurnas yang berakhir Jumat (30/9/2022) siang.

Bagi Luluk Diana, hasil yang didapat pada kejurnas kali ini tidak terlalu dipikirkan. Sebab, sedari awal dia menganggap kejurnas ini merupakan sasaran antara sebelum berlaga di ajang Pra-PON Aceh-Sumut mendatang.

"Persiapan menghadapi Kejurnas kali ini sudah cukup lama. Usai Kejurnas saya fokus untuk tampil di ajang Pra-PON tahun depan di Bandung, " ungkap Luluk dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV, Jumat (30/9).

Baca Juga: Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 Diikuti 136 Atlet

Hal yang sama juga diraih Muhammad Husni. Lifter asal Lampung itu juga berhasil membawa pulang tiga emas di kategori Remaja dan Junior.

Muhammad Husni juga berhasil memecahkan Rekor Nasional di jenis angkatan Snatch atas nama Satrio Adi Nugroho(Jabar) dari 111 kg menjadi 116 kg dan Rekornas Total Angkatan yang juga atas nama Satrio Adi Nugroho (Jabar) dari 252Kg menjadi 254kg remaja maupun junior

"Saya bersyukur bisa mengulang prestasi saya pada Kejurnas tahun lalu di Sentul Bogor. Tapi, kali ini saya mengalami peningkatan pada berat angkatan," papar Husni.


 

Jambi juara umum

Pada kejurnas ini, Tim Angkat Besi Jambi meraih poin terbanyak dan keluar sebagai juara umum. Peringkat kedua ditempati Jawa Timur dan ketiga tim dari Jawa Barat.

"Pada Kejurnas kali ini kami mengirimkan sebanyak 6 lifter Remaja dan satu lifter Junior. Tapi, 6 lifter Remaja juga tampil di nomor Junior dan hasilnya kami meraih sebanyak 8 emas," sambung Manajer Tim Jambi, Muhammad Ali.

Terpisah, Sekjen PABSI, Djoko Pramono mengatakan, hasil dari Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 kali ini sungguh menggembirakan. Peta kekuatan daerah sangat merata.

"Saya senang daerah-daerah mulai bangkit dengan banyak melahirkan lifter-lifter muda yang andal. Ini menandakan bahwa kita tidak kekurangan stok atlet. Dengan dukungan dari Pupuk Indonesia, kami berharap agar kedepan kita lebih banyak melahirkan juara-juara dunia Baru, " tandas Djoko Pramono.

Baca Juga: Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Yunior 2022, Sekjen PB PABSI: Peluang Lahirkan Lifter Muda Potensial

Seperti diketahui, melansir pemberitaan Antara, Luluk Diana pada 14 Juni 2022 lalu berhasil menjadi juara kelas 49 kg putri dalam ajang International Weightlifting Federation (IWF) Youth World Championship 2022 di Leon, Guonojuoto, Meksiko.

Menurut keterangan tertulis dari KONI, dalam kejuaraan yang diikuti 205 lifter yang terdiri dari 115 putri dan 90 putra dari 39 negara itu, Luluk menjadi yang terkuat dengan angkatan Snatch 75 kg, dan Clean & Jerk 95 kg sehingga meraih total angkatan 170 Kg.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.