Kompas TV advertorial

Ganjar Pranowo Dukung Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia Lazada

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 15:41 WIB
ganjar-pranowo-dukung-gerakan-akselerasi-karya-rakyat-akar-digital-indonesia-lazada
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) bersama Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo saat menghadiri Gerakan AKAR Digital di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. (Sumber: Dok. Lazada)
Penulis : Adv Team

SEMARANG, KOMPAS.TV – Setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Jawa Barat dan Jawa Timur, kali ini Gerakan Akselerasi Karya Rakyat Digital Indonesia atau disebut dengan Gerakan AKAR Digital hadir di Jawa Tengah.

Gerakan AKAR Digital untuk Jawa Tengah dilaksanakan di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

Acara ini merupakan upaya Lazada untuk mempersiapkan para pelaku UMKM, khususnya UMKM Desa, yang telah banyak berkontribusi pada perekonomian nasional.

Rangkaian aktivitas diisi oleh banyak pelatihan dari narasumber terpercaya, salah satunya tata cara membuka bisnis dan mengembangkannya. Tak hanya itu, para pebisnis dan pakar di bidangnya turut menjadi pembicara.

Baca Juga: Majukan UMKM Jawa Tengah, Gerakan Akar Digital Lazada Didukung Ganjar Pranowo

Ratusan peserta yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya mengikuti acara dengan penuh semangat. Antusiasme peserta terlihat terutama pada sesi tanya jawab.

Tidak kalah menarik, dukungan pun datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar datang langsung ke lokasi acara untuk menyapa para pelaku UMKM yang sedang belajar mengenai bisnis dan perekonomian digital.

Menurut Ganjar, product knowledge merupakan hal awal yang penting bagi pelaku UMKM. Pelaku bisnis perlu benar-benar mengidentifikasi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan produk bagus belum tentu laku dijual. Misalnya, faktor kekeliruan di cara menjual, pengemasan, ataupun penetapan harga.

Setelah faktor penyebabnya ditemukan, tentunya diperlukan keberanian untuk mengoreksi hal tersebut. Karena itu, pelaku bisnis harus lebih paham terhadap produk yang jasa yang ditawarkan agas bisnisnya berkembang.

Baca Juga: Lazada Berikan Tips Sukses UMKM #NaikKeLaz di Era Digital

Dengan penuh canda tawa, Ganjar Pranowo hadir memberikan semangat bagi para pelaku UMKM untuk terus berusaha walaupun keadaan sulit.

Ganjar juga turut mengapresiasi acara Gerakan AKAR Digital yang baginya adalah bagian dari upaya untuk mengedukasi para pelaku UMKM. Ganjar memaparkan, jika UMKM ingin berkembang, naik kelas dengan ilmu pengetahuan menjadi kunci.

Program seperti ini diharapkan bisa menjadi bekal bagi para pelaku UMKM yang mungkin belum teredukasi maksimal. Bagi Ganjar, usaha pentahelix mengembangkan UMKM seperti ini perlu melibatkan pihak swasta, pemerintah, dan media secara berkesinambungan.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo menjelaskan gerakan ini merupakan upaya jangka panjang dari Lazada untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Gerakan AKAR Digital dari Lazada menyasar mulai dari penjual UMKM, pelanggan, hingga mitra logistik. Apalagi menurut Ferry, para pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi, terutama di saat pandemi.

Baca Juga: Lazada memperluas Gerakan AKAR Digital di Jawa Timur

Selama pandemi, hampir seluruh sektor mengalami kesulitan, terutama perekonomian. Para pelaku UMKM hadir untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Terselenggaranya Gerakan AKAR Digital Indonesia menjadi harapan Lazada untuk bisa memajukan perekonomian digital, khususnya di Jawa Tengah dan nantinya di Indonesia secara keseluruhan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x