Kompas TV nasional hukum

IPW Dorong Penyidik Dalami Koordinasi Panpel Arema FC dengan Petugas Pengamanan, Ini Alasannya

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:27 WIB
ipw-dorong-penyidik-dalami-koordinasi-panpel-arema-fc-dengan-petugas-pengamanan-ini-alasannya
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Police Watch (IPW) berharap penyidik bisa menelusuri koordinasi antara panita pelaksana pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan petugas pengamanan, dalam hal ini Polri dan TNI

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso menilai hal tersebut penting untuk mengetahui apakah Panpel menjelaskan soal regulasi keselamatan di stadion seperti dilarang membawa senjata dan menggunakan gas air mata untuk menghalau kericuhan suporter kepada petugas. 

Jika hal tersebut sudah dilakukan artinya ada pelanggaran dilakukan petugas dan kelalaian dari Panpel untuk menghalau petugas yang membawa senjata. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Terbitkan Keppres TGIPF Tragedi Kanjuruhan

Sebaliknya jika Panpel tidak mensosialisasikan regulasi keselamatan kepada petugas, Panpel menjadi pihak yang harus dimintai pertanggung jawaban.

Menurut Sugeng, manajemen keselamatan dan keamanan dalam pertandingan sepak bola merupakan tanggung jawab panitia pelaksana. Sedangkan Polisi dan TNI hanya bagian dari bantuan pengamanan. 

"Kalau dalam rapat persiapan diberi tahu, artinya sudah mengerti. Tetapi kalau tidak tahu karena tidak diberi tahu, artinya tidak ada komunikasi. Ini pertangung jawabannya pada pidana," ujar Sugeng di program Kompas Petang KOMPAS TV, Selasa (4/10/2022).

Sugeng menduga insiden di Stadion Kanjuruhan lantaran tidak adanya koordinasi Panpel dan petugas keamanan Polri dan TNI.

Baca Juga: Ketua Panpel Arema Vs Persebaya Dilarang Beraktivitas di Lingkungan Sepak Bola Seumur Hidup


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x