Kompas TV tekno aplikasi

Solusi Chat WhatsApp "Pending" Padahal Sinyal atau Koneksi Lancar

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 20:21 WIB
solusi-chat-whatsapp-pending-padahal-sinyal-atau-koneksi-lancar
Ilustrasi. Ini beberapa solusi untuk mengatasi pesan tak terkirim atau pending yang ditandai dengan ikon jam di aplikasi WhatsApp. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gagal mengirim pesan atau pending ketika berpesan menggunakan WhatsApp padahal sinyal atau koneksi lancar-lancar saja memanglah menyebalkan.

Ketika mengirim pesan, WhatsApp memberikan tanda pada kiriman berupa ikon yang berada di sebelah teks atau unggahan. Jika pesan menampilkan ikon jam, maka pesan tersebut belum terkirim atau pending.

Umumnya, ikon tersebut akan muncul ketika perangkat yang digunakan tak memiliki atau bermasalah pada koneksi internetnya.

Baca Juga: Fitur Baru Whatsapp Mirip Zoom, Pengguna Bisa Bagikan Link Undangan Video Call dan Telepon

Namun, bila ikon tersebut muncul padahal koneksi internet bisa digunakan pada aplikasi lain atau baik-baik saja, bagaimana cara mengatasinya?

Seperti dikutip dari Guilding Tech ada beberapa penyebab yang membuat ikon jam tersebut muncul. Salah satu faktornya adalah server WhatsApp yang mengalami gangguan.

Namun, jika WhatsApp tak memberikan pemberitahuan melalui media sosialnya terkait permasalahan server, bisa jadi aplikasi tersebut error pada perangkat Anda.

Baca Juga: Rekomendasi WhatsApp, Ini Cara Sukses Backup Chat WA di iPhone

Ini cara mengatasi WhatsApp yang pending

1. Menutup paksa WhatsApp dan membukanya kembali

Cara menutup aplikasi WhatsApp kemudian membukanya kembali setara dengan melakukan restart pada ponsel. Langkah ini lumayan ampuh untuk mengatasi aplikasi yang bermasalah, tak hanya WhatsApp saja.

Namun, me-restart ponsel juga bisa dilakukan sebagai langkah terakhir jika aplikasi WhatsApp masih bermasalah.

2. Memperbarui aplikasi WhatsApp

Cara selanjutnya adalah meng-update aplikasi WhatsApp yang berada pada perangkat Anda. Caranya Anda cukup membuka Playstore untuk Android atau Appstore untuk iPhone.

Baca Juga: 7 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Urutkan Pesan yang Belum Terbaca

Pembaruan diketahui membawa pembaruan berupa penutupan celah kerusakan pada aplikasi tersebut. Selain itu performa aplikasi juga disebutkan semakin bertambah.

3. Mengecek gangguan server WhatsApp

Salah satu penyebab pesan tak terkirim atau pending adalah server WhatsApp yang mengalami gangguan. Anda bisa mengecek server sedang bermasalah atau tidak dengan mengunjungi situs downdetector.id.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x