Kompas TV nasional peristiwa

Amanat Jokowi untuk TNI: Bersama Rakyat TNI akan Kuat

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 09:04 WIB
amanat-jokowi-untuk-tni-bersama-rakyat-tni-akan-kuat
Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran TNI dan Polri bersinergi mensukseskan berbagai agenda nasional. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran TNI  untuk memelihara kemanunggalan bersama rakyat. Sebab, TNI akan menjadi kuat jika memelihara kemanunggalan.

“Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat TNI akan kuat,” ujar Jokowi dalam  amanat Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

“Terakhir, ingat selalu sifat-sifat prajurit, prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus, dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia.”

Jokowi juga meminta TNI bersinergi dengan kepolisian. Mulai dengan mendukung penanganan krisis pangan, krisis energi hingga krisis finansial.

 

“Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi, jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan-tantangan yang ada,” ujar Jokowi.

Jokowi lebih lanjut juga mendorong TNI terus meningkatkan profesionalitas di tengah tantangan bangsa yang sangat kompleks.

Baca Juga: Eks Anggota Konsorsium 303 Buka Suara: Setoran Rutin Sampai Puluhan Miliar, kalau Tidak Ditangkap

“Saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force,” ujar Jokowi.

“Pembangunan kekuatan perlu terus selaras dengan pembangunan nasional, dan program bela negara perlu dilanjutkan sesuai prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai Pancasila dan undang-undang Dasar 1945.”

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan kepada jajaran TNI untuk terus memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara professional.

Baca Juga: Bareskrim Lakukan Tahap II Kasus Ferdy Sambo, 4 Senjata Api dan Laras Panjang Jadi Barang Bukti

“Jadilah garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, setiap tantangan setiap hambatan dan gangguan, bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai Pancasila dan undang-undang Dasar 1945, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit,” kata Jokowi.

Baca Juga: Kesaksian Eks Anggota Konsorsium 303: Nama-nama dalam Diagram Itu Benar Ada

Presiden Jokowi pun menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia di seluruh Indonesia.

“Di manapun saudara-saudara berada dan bertugas, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945,” ucap Jokowi.

“Serta melindungi seluruh tumpah air Indonesia.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x