Kompas TV nasional peristiwa

Komandan Upacara HUT ke-77 TNI Kolonel Laut Erwin Kasirun, Sinyal Matra Laut Calon Panglima TNI?

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 10:45 WIB
komandan-upacara-hut-ke-77-tni-kolonel-laut-erwin-kasirun-sinyal-matra-laut-calon-panglima-tni
Kolonel Laut (PM) Moh. Erwin Kasirun bertindak sebagai Komandan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Tahun 2022 (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Tahun 2022, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (PM) Moh. Erwin Kasirun.

Erwin merupakan perwira dari matra TNI AL kelahiran Surabaya, 25 Juli 1976 yang lulus Akademi Angkatan Laut Tahun 1998.

Lantas, apakah terpilihnya perwira TNI AL sebagai Komandan Upacara HUT ke-77 TNI sinyal calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa berasal dari matra tersebut?

Sebab, kewenangan untuk memilih siapa Panglima TNI selanjutnya setelah Jenderal Andika Perkasa ada di tangan Presiden Joko Widodo.

Namun berdasarkan rotasi, setelah Jenderal Andika Perkasa Pensiun, yang naik semestinya dari angkatan laut. Menurut Ketua Badan Pengurus Centra Initiative Al Araf, hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 .

"Sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, maka pergantian Panglima TNI kali ini perlu mempertimbangkan proses pergantian berdasarkan rotasi angkatan," kata Al Araf dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (11/9/2022).
 

Untuk diketahui, pada peringatan HUT ke-77 TNI, Presiden Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara juga memberikan anugerah tanda kehormatan untuk 3 nama.

Baca Juga: Megawati dan Prabowo Perlihatkan Keakraban di HUT ke-77 TNI, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?

Anugerah ini diberikan sebagai tanda kehormatan dari pemerintah yang ditandatangani langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Antara lain kepada:

1. Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya, kepada Kolonel Pnb. Firman Dwi Cahyono;

2. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, kepada Kapten Inf. Sudyatmoko Waluyo;

3. Bintang Jalasena Nararya, kepada Peltu Raden Beny Vicahyantiana.

Tidak hanya itu, Upacara HUT ke-77 TNI kali ini juga diikuti secara virtual melalui vídeo conference oleh Prajurit TNI di perbatasan.

Baca Juga: Amanat Jokowi untuk TNI: Bersama Rakyat TNI akan Kuat

Seperti halnya, Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – Malaysia di PLBN Entikong Kalimantan barat (Yonif 645). Lalu, Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pam Puter Pulau Talaud di Pos Kabaruan Sulawesi Utara.

Kemudian, Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – PNG sektor selatan Merauke di PLBN Sota (Yonif 511) dan Prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – RDTL di Pos PLBN Motaain NTT (Yonif 744).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.