Kompas TV nasional peristiwa

Janji Elang-elang AU di HUT TNI ke Jokowi: Kami Pertahankan Setiap Jengkal NKRI, TNI adalah Kita

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 12:38 WIB
janji-elang-elang-au-di-hut-tni-ke-jokowi-kami-pertahankan-setiap-jengkal-nkri-tni-adalah-kita
Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira pimpin atraksi pesawat F-16 di HUT ke-77 TNI (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi bertepuk tangan menyaksikan atraksi pesawat TNI Angkatan Udara yang melintas di langit Istana Merdeka.

Atraksi 8 pesawat tempur yang menderu di udara pada Upacara HUT ke-77 TNI, dipimpin oleh Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira yang merupakan Komandan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekan Baru.

Untuk atraksi kali ini, pesawat F-16 yang ditampilkan adalah jenis pesawat dengan kemampuan tempur di udara maupun pertempuran udara melawan darat.

Antara lain, Arrow Head Pass 8 unit F16, Heli Pass Giant Flag 8 unit Heli, Arrow Head Pass and Bomb Burst 8 unit F16, Jupiter Aerobatic Team 6 unit Type Kt-1B Tohead Loop, Arrow Head Pass dan Bomb Burst 7 unit F16 dan High Speed Pass 1 unit F16.

Baca Juga: Komandan Upacara HUT ke-77 TNI Kolonel Laut Erwin Kasirun, Sinyal Matra Laut Calon Panglima TNI?

Selain itu, Pesawat F-16 dalam demonstrasi udara kali ini juga memiliki tugas utama menjaga dan mempertahankan wilayah udara dari ancaman yang datang dari dalam maupun luar Indonesia.

Dalam kesempatan HUT ke-77 TNI, Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira memimpin atraksi mulai dari podium Istana Merdeka sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Jokowi dan tamu undangan lainnya.


 

Dari kokpit pesawat tempur, TNI AU melalui Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 77 Tentara Nasional Indonesia.

“Kami elang-elang Angkatan Udara di bawah biru langit Ibu Kota mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 77 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2022,” ucap Bambang Aulia.

Baca Juga: Megawati dan Prabowo Perlihatkan Keakraban di HUT ke-77 TNI, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?

“Akan kami pertahankan setiap jengkal wilayah NKRI, TNI adalah Kita.”

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin kemudian merespons dengan tepuk tangan dan senyum.

Selain atraksi Pesawat F-16, TNI juga menampilkan atraksi helikopter dari tiga matra pada HUT ke-77.

Yaitu, Helikopter yang ikut dalam atraksi dan terdiri AH-64 Apache TNI AD, AS-565 Mbe Panther TNI AL, Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8, Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 TNI AU.

Dalam atraksinya, helikopter yang diperkuat oleh 3 matra TNI itu mengibarkan bendera merah putih berukuran 20 x 30 meter dari ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x