Kompas TV advertorial

ATM Diblokir, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 07:00 WIB
atm-diblokir-apa-yang-harus-dilakukan
Ilustrasi nasabah menekan nomor PIN saat bertransaksi di ATM (Sumber: eduardo-soares-utWyPB8_FU8-unsplash)

KOMPAS.TV - Kartu ATM atau yang sering disebut dengan debit merupakan salah satu fasilitas perbankan yang akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi, entah penarikan tunai, transfer dan masih banyak lainnya. Namun, ada kalanya kartu ATM atau debit ini tidak bisa digunakan atau diblokir oleh pihak bank.

Pemblokiran kartu ATM ini bertujuan untuk menjaga keamanan nasabah. Satu permasalahan yang sampai dengan saat ini sering dikeluhkan oleh kalangan nasabah adalah proses membuka blokir ribet. Kenapa bisa ribet, karena harus mengisi beberapa formulir yang hanya bisa diakses oleh pihak bank secara langsung.

Penyebab ATM Diblokir

Ketika membicarakan perihal penyebab atm diblokir ini sangat luas. Ada tiga penyebab atm diblokir yang harus Anda ketahui, sebagai berikut:

1.Salah Memasukkan Nomor PIN Sampai 3 Kali

Penyebab kartu ATM diblokir yang pertama adalah salah memasukkan salah nomor pin sampai dengan 3 kali. Nomor PIN ATM merupakan serangkaian angka keamanan yang harus benar-benar dihafal di luar kepala dan dijaga kerahasiaannya.

Bahkan, nomor PIN sebaiknya bukan angka-angka yang terkait dengan diri Anda sendiri dan contohnya tanggal lahir atau tahun lahir. Kesalahan dalam memasukkan nomor PIN sampai dengan tiga kali ini membuat sistem mengira, bahwa yang memasukkan kartu tersebut bukan Anda.

2. Anda meminta Blokir ATM

Salah satu cara untuk mengamankan saldo di ATM yang sudah hilang atau diretas oleh orang adalah meminta pemblokiran kepada pihak Bank. Proses pemblokiran ini bisa dilakukan dengan pergi ke kantor cabang terdekat.

Selain itu, Anda juga bisa langsung menghubungi pihak call center-nya. Dengan demikian, oknum yang memegang dompet dan ATM tersebut tidak akan bisa menguras saldo tersebut.

3. Kartu ATM Jarang Dipergunakan atau Perlu Diganti

Dalam beberapa kasus kartu atm yang diblokir ini akibat tidak pernah dipakai atau jarang dipergunakan. Sehingga, dengan hal tersebut secara otomatis pihak bank akan melakukan pembekuan.

Pernah ada kasus juga nasabah dari Bank BRI yang tidak bisa menggunakan kartu ATM-nya, akibat harus melakukan upgrade pada versi terbaru. Seperti yang diketahui, untuk ATM yang versi terbaru di bagian depannya sudah terdapat chip.

Kasus seperti itu, pada umumnya sering terjadi kepada kalangan orang tua yang jarang sekali menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi. Sehingga,  mereka tidak mengetahui perkembangan kebijakan terkini.

4. Saldo ATM Kurang dari Batas Minimum

Sampai saat ini banyak masyarakat yang kartu ATM-nya diblokir, karena saldonya tidak berada di batas minimum. Perlu Anda ketahui, untuk setiap bank menerapkan biaya administrasi setiap bulannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x