Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem Berani Deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres, Demokrat Salut, Golkar Biasa Saja

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 06:20 WIB
nasdem-berani-deklarasikan-anies-baswedan-sebagai-capres-demokrat-salut-golkar-biasa-saja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Demokrat sempat terkejut dengan langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng menyatakan sedari awal Demokrat sudah memprediksi Nasdem akan memutuskan satu dari tiga nama dari hasil Rakernas partai.

Di sejumlah pemberitaan Nasdem akan mengumumkan nama capres yang diusung pada November 2022 bersamaan dengan ulang tahun partai.

Baca Juga: Dua Kader Partainya Mundur Usai Deklarasikan Anies Capres 2024, Waketum Nasdem: Ini Seleksi Alam

Namun secara mendadak Nasdem memajukan pengumuman dan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Menurut Andi acara deklarasi Anies membuat Partai Demokrat sedikit terkejut walaupun sehari sebelumnya Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sudah berkomunikasi dengan Sekjen Partai Demokrat dan PKS. 

"Pikiran kami bisa bertiga deklarasi. Tapi kami apresiasi bahwa sehari sebelumnya sudah diberi tahu," ujar Andi di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (5/10/2022).

Andi menambahkan meski sempat terkejut, Demokrat tetap menghormati keputusan Nasdem untuk lebih dulu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Baca Juga: [Full] Alasan Lengkap Surya Paloh Usung Anies Baswedan Jadi Capres Partai Nasdem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x