Kompas TV religi beranda islami

Amalan Maulid Nabi, Dilengkapi Kisah Kelahiran Rasulullah dan Hukum Merayakannya

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 16:17 WIB
amalan-maulid-nabi-dilengkapi-kisah-kelahiran-rasulullah-dan-hukum-merayakannya
Ilustrasi ibadah salat. Berikut ini amalan maulid Nabi yang bisa diamalkan  (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan amalan Maulid Nabi yang bisa kita lakukanuntuk menyambut hari suci kelahiran Rasulullah, Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada besok, 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah atau bertepatan dengan Sabtu 8 Oktober 2022. 

Adapun Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam sistem kalender Hijriah. 

Ada sejumlah amalan Maulid Nabi yang bisa diamalkan, mulai dari zikir, perbanyak selawatan, pembacaan buku rawi atau barzanji (buku sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw), serta berbagi makanan.

Selain itu, dalam tradisi Indonesia, ada amalan khas yang kerap dibaca bersama dalam sebuah majelis ketika Maulid Nabi tiba, yakni mahalul qiyam, yakni seluruh orang yang hadir dalam majelis maulid tersebut berdiri dan bersama-sama membaca pujian untuk Rasulullah SAW.

Selain itu amalan, bulan Rabiul Awal yang disebut juga bulan Maulid Nabi merupakan momen untuk memperbanyak sedekah dan syukur.

Satu hal penting lagi, Bulan Maulid Nabi adalah bulan untuk perbanyak amalan selawat Nabi.

Begitu pentingnya salawat kepada Nabi Muhammad, Allah SWT pun berfirman dalam Alquran bahwa Allah dan para malaikat pun mengucapkan salam kepada beliau.

"Sungguh Allah dan malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab ayat 56)

Baca Juga: Kisah Unik Sahabat Nabi Temukan Ikan Paus Jadi Bangkai Lalu Dimakan, Ditanggapi Rasulullah

Kisah Singkat Kelahiran Rasulullah

Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin 12 Rabiul Awal 571 Masehi. Kelahirannya merupakan momen paling membahagian dalam sejarah Umat dunia lantaran hadirnya beliau mengubah tatanan dunia.

Dikisahkan dalam Sirah Nabawiyah Muhammad karya Syaikh Syaifurrahman al-Mubarakfuri, Ibunda Nabi Muhammad, Aminah, mengisahkan proses kelahiran bayi Muhammad. 

Proses kelahiran Nabi begitu dahsyat, ketika cahaya terang menerangi langit dan keindahannya digambarkan begitu memesona



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.