Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan BRI PRS

Simak Pentingnya Menjalin Relationship dan Membangun Loyalitas Pelanggan Bagi UMKM

Kompas.tv - 19 Oktober 2022, 18:29 WIB
simak-pentingnya-menjalin-relationship-dan-membangun-loyalitas-pelanggan-bagi-umkm
Ratusan UMKM turut meramaikan gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Tangerang. (Sumber: Dok. BRI)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Dalam berbisnis, menjalin relasi dengan mitra dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Dengan memiliki mitra dan pelanggan tetap, akan lebih mudah mengembangkan usaha serta meningkatkan penghasilan.

Karena itu, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekalipun juga perlu memahami strategi dalam menjaga hubungan dengan mitra maupun pelanggan. Nah, strategi apa saja yang bisa dilakukan pelaku UMKM? Simak ulasan berikut.

Menyeleksi mitra sejak mulai membangun bisnis

Sejumlah orang mungkin belum percaya diri untuk memulai bisnis sendiri sehingga memerlukan mitra. Mitra bisnis dapat berupa partner, vendor, supplier, dan sebagainya. Memilih mitra bisnis yang tepat merupakan hal krusial dalam berbisnis. Karena itu, meskipun keluarga atau teman sekalipun pelaku bisnis harus tetap cermat dalam menentukan mitra.

Pertama-tama, perhatikan rekam jejak calon mitra. Bila calon mitra pernah terlibat dalam kasus yang berpotensi merugikan bisnis seperti penggelapan atau korupsi, sebaiknya hindari. Carilah mitra yang memiliki visi dan misi sama dengan Anda serta berkompeten untuk dapat melengkapi bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis UMKM Stuck di Pasar Lokal? Yuk, Coba Go International!

Celebrity chef dan public figure Mama Lita memaparkan, mencari partner bisnis yang tepat susah-susah gampang. Mama Lita juga pemilik usaha katering Tudung Saji dan Hijab Anthaa Wear.

Mama Lita yang seorang public figure mengaku hanya dimudahkan saat pertemuan pertama sehingga lebih mudah mendapat kepercayaan memulai bisnis. Selain itu, proses mencari mitra bisnis pun kurang lebih serupa. Menurutnya, perlu waktu untuk mengenal dan menaruh kepercayaan kepada calon mitra karena tidak semua orang cocok menjadi partner bisnis.

Salah satu pertimbangan Mama Lita dalam memilih mitra adalah memiliki karakter yang dapat menyimbangkan sikapnya yang tegas dan cukup keras. Selain itu, mitra harus bersikap profesional dan memiliki tujuan berbisnis yang sejalan.

Membangun loyalitas mitra dan pelanggan

Jika sudah menemukan mitra berbisnis yang tepat, jangan lupa untuk memelihara hubungan baik agar bisnis tetap sustain. Mentor Expert Bussines Road Map Redia Frisna Rista mengatakan, menjaga relationship dengan pihak lain dalam berbisnis dapat dimulai melalui cara sesederhana menepati janji.

Sebagai contoh, bila Anda memiliki mitra yang memberi kelonggaran untuk membayar sesuatu, usahakan untuk melunasinya tepat waktu. Contoh lainnya adalah ketika Anda menyewa tempat untuk berbisnis, pastikan Anda menjaga kepercayaan pemilik bangunan dengan merawat dan memenuhi ketentuan dalam kontrak perjanjian.

Selain itu, menjaga hubungan dengan pelanggan pun merupakan poin penting yang tidak boleh terlewatkan. Pelaku UMKM sekalipun perlu memahami customer relationship management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan.

Anda perlu menjaga keistimewaan produk atau jasa yang ditawarkan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Pastikan Anda memahami kebutuhan pelanggan dari berbagai sisi sehingga mereka mempertahankan hubungannya dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Pengembangan Identitas Diri, Teknik Marketing yang Sering Terlupakan

Jika bisnis Anda berupa jasa, usahakan untuk memilih front liner dengan penampilan rapi, bersih, dan ramah. Optimalkan pelayanan pelanggan secara responsif dan informatif agar pelanggan tidak beralih ke pihak lain.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x