Kompas TV olahraga sports

Setahun Implementasi DBON, Pembinaan Atlet Usia Muda Jadi Perhatian Utama

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 04:55 WIB
setahun-implementasi-dbon-pembinaan-atlet-usia-muda-jadi-perhatian-utama
Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan rapat dengan lembaga terkait untuk meninjau implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah berlangsung satu tahun, Rabu (19/20/2022). (Sumber: Kemenko PMK)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu tahun sudah Peraturan Presiden (Perpres) tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diimplementasikan di Indonesia.

Dalam Perpres No 86 Tahun 2021 itu, Indonesia mempunyai ambisi besar dalam bidang olahraga yang tertuang dalam DBON.

Sebagai negara besar, Indonesia ditargetkan berprestasi dalam olahraga yakni dengan mencapai peringkat 5 besar pada Olimpiade 2044.

Demi mencapai hal itu, kementerian dan lembaga terkait pun ditugaskan untuk memajukan prestasi olahraga Indonesia melalui DBON.

Untuk meninjau bagaimana pelaksanaan DBON yang telah berlangsung setahun, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Implementasi Perpres No. 86 Tahun 2022 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional, di Kantor Kemenko PMK, Rabu (19/10/2022).

Rapat tersebut diikuti kementerian dan lembaga-lembaga terkait seperti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Wamenkes, Sekjen Kemendikbudristek, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Dirjen Bangda Kemendagri, Staf Ahli Menkeu, Kepala Badan Pembangunan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Deputi PMK Bappenas.

Berbagai hal pun dibahas dalam rapat tersebut di antaranya pemenuhan sarana prasarana olahraga, dukungan pendidikan dan kurikulum keolahragaan, fasilitas keolahragaan, pemenuhan aturan turunan ke daerah, hingga jumlah anggaran.

Setelah rapat selesai, Muhadjir pun menyampaikan sejumlah kesimpulan demi memaksimalkan DBON agar segera bisa mengangkat prestasi olahraga Indonesia.

"Perlu dibentuk tim koordinasi DBON di seluruh daerah untuk mempercepat target DBON. Yang sekarang belum ada pembentukan DBON di daerah," kata Menko Muhadjir dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Cabor Renang Masuk Program Unggulan DBON, PB PRSI: Target Bisa Berpartisipasi di Ajang Olimpiade

"Akan dibangun 10 Sentra Pembinaan Olahragawan Muda, di mana saat ini baru terbentuk di 4 Provinsi yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," imbuhnya.

Selain itu, salah satu hal yang menjadi fokus utama untuk pembenahan adalah pembinaan atlet usia muda.

Menurut Menko PMK, pembinaan atlet muda haruslah dilakukan secara komprehensif. Para bibit atlet harus dipenuhi kebutuhannya mulai dari aspek pelatihan, gizi, pendidikan olahraga hingga pendidikan formal.

Maka dari itu, Muhadjir meminta Kemenpora untuk melakukan kerja sama dengan lembaga sektor pendidikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x