Kompas TV feature cerita militer

Batalyon Yonif 125/Simbisa Siap Kapan Saja Untuk NKRI - CERITA MILITER

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 15:53 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Kodam 1 Bukit Barisan memiliki posisi yang sangat strategis bagi pertahanan dan keamanan indonesia. Pasalnya wilayah cakupan Kodam 1 Bukit Barisan sangatlah luas, mulai dari provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. 

Bahkan beberapa diantaranya berbatasan langsung dengan negara tentangga, dan hanya dibatasi oleh selat malaka. Karena itu, jika tidak dijaga dengan ketat, maka resiko terganggunya stabilitas keamanan negara pun menjadi tinggi. Kodam 1 bukit barisan, menjadi pelindung dan penjaga masyarakat sumatera dari segala ancaman yang akan terjadi.

Jika ada yang berani menyenggol walau seujung kuku pun, maka kodam 1 bukit barisan tak akan segan untuk menunjukkan taringnya.

Kodam 1 Bukit Barisan membawahi berbagai satuan, diantaranya adalah Batalyon Infanteri 125 Simbisa yang berlokasi di Tanah Karo. Sejak zaman dahulu, masyarakat tanah karo terkenal dengan semangat juang serta patriotismenya dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia. 

Karena itu, karo terkenal sebagai tempat kelahiran para para pejuang nasional yang pemberani dan juga militan hingga saat ini. Batalyon infanteri 125 simbisa adalah salah satu bukti nyata lahirnya para pejuang dari tanah karo. 

Seperti namanya, simbisa, yang berarti kesatria, pemberani, dan terhormat, itulah karakter yang dimiliki oleh prajurit- prajurit yonif 125 simbisa. Mereka inilah, para pejuang kebanggaan tanah karo yang selalu siap mempertahankan kemerdekaan indonesia.

Ingin tau seperti apa keseruan episode kali ini? Saksikan Cerita Militer episode Kodam 1 Bukit Barisan di Kompas TV.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x