Kompas TV regional berita daerah

Isu Ijazah Palsu Presiden, Teman Angkatan Klarifikasi

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 20:01 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Inilah SMA Negeri Enam Solo, yang dahulu bernama sekolah menengah persiapan pembangunan atau SMPP. Inilah yang dipermasalahkan penggugat ijazah Presiden Joko Widodo, karena dalam riwayat hidup Jokowi selalu ditulis lulusan SMA Negeri Enam Solo. Hal ini kemudian diklarifikasi, oleh pihak sekolah, mantan guru, hingga rekan seangkatan Jokowi di SMPP atau SMA Negeri Enam Solo.

 

Pihak sekolah pun membuka arsip lama, yang menyimpan data alumni lengkap dengan nomor induk siswa. Selain itu kepala sma negeri enam, juga menunjukkan salinan surat tanda tamat belajar milik Presiden Jokowi. Sesuai dengan data, memang benar Presiden Joko Widodo merupakan alumni pertama SMA Negeri Enam yang kala itu masih bernama sekolah menengah persiapan pembangunan. Tak ketinggalan rekan seangkatan Jokowi saat sekolah, turut angkat bicara terkait tudingan ijazah palsu ini. Karena tudingan ini secara tidak langsung, juga menyebut jika ijazah mereka semua bermasalah.

 

SMPP sendiri berdiri tahun 1975, dan pada tahun 1979 namanya diubah menjadi SMA Negeri Enam oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 1985, nama SMA Negeri Enam resmi digunakan menggantikan SMPP. Inilah yang dipermasalahkan oleh penggugat ijazah, karena saat lulus Jokowi masih alumni SMPP dan bukan SMA Negeri Enam Solo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.