Kompas TV entertainment selebriti

Akun YouTube Ria Ricis Diretas, Ini 5 Artis Indonesia yang Pernah Alami Nasib Serupa

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 16:28 WIB
akun-youtube-ria-ricis-diretas-ini-5-artis-indonesia-yang-pernah-alami-nasib-serupa
Kanal YouTube artis Indonesia yang pernah kena retas atau hack. (Sumber: instagram)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - YouTuber Ria Ricis mengumumkan akun YouTube miliknya, Ricis Official di-hack atau diretas. Padahal, akun YouTube Ria Ricis tersebut telah memiliki 30,6 juta subscriber.

YouTube Ricis juga berisi ribuan video yang telah ditonton jutaan kali. Tak heran, Ricis begitu khawatir kala kanal YouTube-nya dibobol peretas atau hacker.

Selain Ria Ricis, sederet artis lainnya juga pernah menjadi korban tindak kriminal peretasan hacker, berikut hasil rangkuman KompasTV:

1. Young Lex

Akun YouTube Young Lex juga diretas pihak tak bertanggung jawab. Young Lex menjelaskan, dirinya sudah menghubungi pihak YouTube Indonesia, dan saat ini sedang proses pemulihan akun.

Baca Juga: Pemuda Madiun Jual Kanal Telegram “Bjorkanism”, Kenapa Hacker Bjorka Mau Beli?

"Buat yang nanya YouTube channel-nya Young Lex ke mana, YouTube channel gua di-hack untuk kedua kalinya. Luar biasa hacker-hacker, Russian, dari Rusia, jago banget gila," ungkap Young Lex di Instagram Stories, Jumat (21/10/2022).

“Jadi, mungkin jadinya paling lama seminggu lagi, nanti baru balik lagi channel YouTube gue. So sorry ya guys,” sambungnya.

2. Denny Sumargo

Denny Sumargo kehilangan akun YouTube miliknya selama kurang lebih satu minggu. Akun miliknya tak bisa diakses karena diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Namun, pada Jumat (16/9/2022) lalu, pria yang akrab disapa Densu itu sudah mengunggah kembali sebuah video baru yang menampilkan penyanyi Keiysa Levronka.

3. Gen Halilintar

Nasib serupa Densu pernah dialami oleh Gen Halilintar pada tahun 2021 lalu. Akun YouTube mereka yang kala itu memiliki lebih dari 17 juta subscribers, di-hack oleh hacker dan diganti nama menjadi Ethereum Live News. Untungnya, akun keluarga Atta Halilintar itu bisa kembali.

Baca Juga: Polri Bangun Komunikasi dengan Pihak Luar Ungkap Sosok Hacker Bjorka

4. Ivan Gunawan

Desainer dan presenter Ivan Gunawan juga sempat mengalami peretasan akun pada Agustus 2020. Ia menyebut, pelakunya artis internasional berinisial KW. Untungnya, akun Youtube pria yang akrab disapa Igun ini berhasil diselamatkan.

5. Ruben Onsu

Akun media hiburan milik Ruben Onsu, MOP Channel, juga pernah diretas pada Januari 2020, tapi berhasil diselamatkan. Ruben juga membongkar motif pelakunya yang ternyata tidak suka dengan berita mengenai Betrand Peto Putra Onsu.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x