Kompas TV nasional rumah pemilu

Bima Arya Jodohkan Ganjar dan Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024, Pengamat: KIB Harga Dirinya di Mana?

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 20:40 WIB
bima-arya-jodohkan-ganjar-dan-ridwan-kamil-untuk-pilpres-2024-pengamat-kib-harga-dirinya-di-mana
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menanggapi wacana duet Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil pada Pilpres 2024 dalam Kompas Petang KOMPAS TV, Minggu (30/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mempertanyakan harga diri Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) usai Ketua DPP PAN Bima Arya menjodohkan Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil sebagai bakal capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

"Kenapa dua-duanya impor semua? Mestinya kan ada dari eksternal, lalu ada dari internal (KIB -red)," jelas Ujang dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Minggu (30/10/2022). 

"Jadi kalau dari eksternal semua, walaupun mempertimbangkan akseptabilitas dan elektabilitas, tapi persoalannya ya KIB harga dirinya di mana?" tanya pengamat politik itu.

Ia mempertanyakan tentang kaderisasi dan fungsi partai apabila ketua umum dari tiga partai pembentuk KIB, yakni PAN, PPP, dan Golkar, tidak ada yang menjadi capres dan cawapres.

"Kalau diimpor semua, kalau dari eksternal semua ini menjadi persoalan, buat apa berkoalisi kalau calonnya dari eksternal semua?" tanyanya.

Ujang juga menyebut KIB sebagai sekoci yang disiapkan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024. 

Bahkan, ia mengaku mendapatkan informasi dari petinggi Partai Golkar bahwa tiga partai politik pembentuk KIB tak bisa mencalonkan ketua umum mereka sebagai capres.

"Saya kontak petinggi Partai Golkar, KIB ini sudah ada yang punya, nggak bisa itu mencalonkan ketua-ketua partai KIB menjadi capres, saya menduga Ganjar," ungkapnya.

Menurut dia, meski tidak ada yang tidak mungkin di politik, partai anggota KIB mestinya menjaga harga diri dan kebatinan di KIB.

Baca Juga: Bima Arya: Ganjar dan Ridwan Kamil Bisa Diduetkan pada Pilpres 2024 Asal Tiga Partai KIB Menerima

Ia menegaskan bahwa perdebatan di antara partai politik saat ini bukan mengenai capres melainkan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"Siapa pun cawapresnya, capresnya Ganjar. Ini sudah kami baca jauh-jauh hari," tegasnya.

Ia menilai KIB mungkin saja mengangkat Ridwan Kamil, Airlangga Hartarto, bahkan Erick Thohir sebagai cawapres pendamping Ganjar.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.