Kompas TV olahraga kompas sport

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan ke-900 World Superbike

Kompas.tv - 11 November 2022, 15:06 WIB
sirkuit-mandalika-siap-gelar-balapan-ke-900-world-superbike
Tim FIM saat mengecek lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan mobil. (Sumber: ANTARA/Humas MGPA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan Sirkuit Mandalika siap menggelar balapan ke-900 World Superbike pada 11-13 November 2022.

"Kami telah siap menggelar rangkaian WSBK di Pertamina Mandalika Internasional Circuit. WSBK di Mandalika ini akan menjadi milestone penting karena race 1 pada Sabtu (12/11) merupakan race ke-900 WSBK sejak race pertama dimulai pada bulan April 1988 di Sirkuit Donington Park, Inggris," kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/11/2022), seperti dilansir Antara.

"Ini sebuah kebanggaan yang besar bahwa Indonesia menjadi bagian dari sejarah balap motor internasional ini."

Ia menjelaskan seluruh persiapan dari sisi teknis dan nonteknis mulai infrastruktur, rangkaian kegiatan hingga balapan yang akan digelar pada 11-13 November 2022 sudah sepenuhnya siap.

"Jadi, dari sisi balapan kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada 25 Oktober 2022, meliputi pelebaran runoff (limpasan) di tujuh tikungan (T1, T10, T11, T12, T13, T16, dan T17), perubahan kerb biasa menjadi kerb misano (T5 dan T6), serta perbaikan atau peningkatan kualitas aspal track sepanjang 250 meter."

"Sementara dari sisi non-race, seperti manajemen lalu lintas atau traffic management dan pengendalian kerumunan, crowd control, juga telah dipersiapkan dengan lebih baik," terangnya.


Baca Juga: Polda NTB Gelar Pasukan Amankan Event WSBK dan Jelang G20 di Bali

Adapun Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba menyebut, pengaturan manajemen lalu lintas sebagai bentuk antisipasi dan langkah strategis untuk mengurai kemacetan saat kegiatan berlangsung, juga sudah dipersiapkan dengan baik.

"Nantinya penonton WSBK 2022 akan datang dari lima pintu gerbang kedatangan yaitu empat gerbang pelabuhan yaitu Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Bangsal dan Kayangan, serta satu gerbang Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM)," ujarnya.

Titik pemisahan jalur dari lima gerbang kedatangan penonton menuju sirkuit melalui bundaran BIZAM yang terbagi menjadi dua jalur di antaranya jalur barat dan jalur timur.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.