Kompas TV video vod

Basarnas Kendari Gelar Latihan SAR Satuan dan Beregu di Laut dan Dalam Hutan

Sabtu, 19 November 2022 | 18:40 WIB
Penulis : Dea Davina

KENDARI, KOMPAS.TV - Dalam memantapkan kesiapsiagaan, Basarnas Kendari menggelar latihan SAR satuan dan beregu di laut dan dalam hutan.

Dengan menyusuri hutan dan gunung, para personel dilatih mampu bernavigasi dan membuat pencarian area dalam memberikan pertolongan SAR terhadap korban, atau kondisi membahayakan nyawa manusia.

Para personel juga dapat memberikan layanan jasa SAR terhadap korban di perairan, dan mampu membuat sistem mekanik yang aman untuk dapat melakukan pertolongan pada segala jenis kasus ketinggian.

Baca Juga: BPBD Minta Pemerintah Daerah Sigap Bencana

Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi mengatakan latihan itu untuk membentuk keterampilan para personel, baik kesiapsiagaan, profesional, andal dan aman, dalam memberikan pertolongan SAR kepada masyarakat.

Baik kecelakaan pesawat, kapal dan kondisi membahayakan manusia, serta penanganan khusus dalam kebencanaan.

Materi yang diberikan dalam pelatihan itu, yakni teknik pertolongan di permukaan, dan di bawah air, teknik penyelamatan mengangkat dan menurunkan korban, serta pencarian di hutan dan gunung.
 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x