Kompas TV TALKSHOW rosi

Dua Hakim Agung Terima Suap, Ketua MA: Tidak Ada Rekam Jejak Negatif - ROSI

Kompas.tv - 21 November 2022, 18:08 WIB
Penulis : Anas Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. Muhammad Syamsuddin mengaku sebelumnya tidak menemukan catatan negatif atas dua Hakim Agung yang terjerat kasus dugaan suap. Dua Hakim Agung yakni Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh tersangkut kasus dugaan suap pengembangan perkara di MA.

Publik mencatat Hakim Agung Sudrajad Dimyati pernah diterpa isu lobi di toilet DPR sekitar 9 tahun lalu. Isu lobi-lobi itu terjadi di tengah uji calon kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) pada seleksi calon Hakim Agung MA pada 2013 lalu. 

Proses seleksi Hakim Agung berbeda dengan dulu. Kini, Hakim Agung harus diseleksi dahulu oleh Komisi Yudisial (KY). Kemudian setelah lulus dari KY diteruskan ke DPR. Nantinya hakim yang telah lolos uji akan disampaikan ke presiden. Sehingga, MA tidak bisa menolak calon Hakim Agung yang sudah lolos seleksi. 

Saksikan wawancara eksklusif Rosianna Silalahi bersama Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. Muhammad Syamsuddin dalam ROSI eps. Hakim Agung Terima Suap di youtube KompasTV.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.