Kompas TV feature news or hoax

Hoax Militer Rusia Menyerang Australia - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 22 November 2022, 13:30 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video memuat kepanikan warga Australia yang berlarian dan menjerit katakutan akibat serangan Rusia tengah ramai menjadi perbincangan. Video tersebut bertuliskan narasi yang menyatakan militer Rusia menyerang Australia.

Penyerangan disebut sebagai buntut dari sengketa Pulau Pasir antara Indonesia dan Australia. Namun setelah dicek kebenarannya, informasi dan video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Potongan video orang berlarian merupakan peristiwa di Times Square New York, Amerika Serikat, yang diberitakan Dailymail pada 7 agustus 2022 lalu. Orang-orang panik karena mengira suara letusan sepeda motor sebagai suara senjata api, sehingga berlarian dan mengakibatkab 22 orang terluka.

Sementara video gedung putih dangan motor terbakar di depannya dan jembatan roboh serta terbakar merupakan kejadian dalam perang Ukraina dan Rusia. Jadi, video dan narasi yang menyatakan Australia diserang militer Rusia adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.