Kompas TV olahraga kompas sport

Manchester United Dijual, Harganya Rp167 Triliun tapi Bisa Nego, Kalau Minat Hubungi Keluarga Glazer

Kompas.tv - 23 November 2022, 10:42 WIB
manchester-united-dijual-harganya-rp167-triliun-tapi-bisa-nego-kalau-minat-hubungi-keluarga-glazer
Stadion Old Trafford, markas Manchester United. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga Glazer dilaporkan tengah bersiap untuk melakukan penjualan terhadap Manchester United setelah 17 tahun kepemilikan. Dilaporkan Sky Sports, bankir investasi mendapatkan instruksi dari pemilik The Red Devils terkait kemungkinan penjualan penuh atau sebagian.

Kemudian, Manchester United merilis pernyataan resmi yang menjelaskan terkait strategi alternatif perihal investasi baru klub, penjualan, atau transaksi yang melibatkan perusahaan, Rabu (23/11/2022).

Laporan tersebut membuat harga saham Manchester United naik sebanyak 17 persen. Pakar keuangan sepak bola, Kieran Maguire, mengatakan saham tersebut berarti terdapat penambahan 400 juta dolar AS atau setara Rp 6 triliun lebih ke kapitalisasi pasar klub.

Baca Juga: Capai Puncak Gunung Kilimanjaro, Pendukung Manchester United Kembali Serukan "Glazers Out"

Wakil Ketua Eksekutif Avram Glazer dan Direktur Joel Glazer mengatakan dewan telah mengizinkan evaluasi menyeluruh terhadap alternatif dari strategi ini.

"Kami akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan bahwa kami melayani penggemar kami dengan sebaik-baiknya dan bahwa Manchester United memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk Klub saat ini dan di masa depan," tuturnya dikutip dari situs Manchester United.

"Sepanjang proses ini, kami akan tetap fokus penuh untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan," lanjutnya.

Dilaporkan The Guardian, Manchester United diperkirakan berharga 3,75 miliar poundsterling atau sekitar 70 triliun rupiah.

Akan tetapi, pihak Glazer kemungkinan besar akan menjualnya di angka yang lebih tinggi, mengingat bahwa konsorsium yang juga dipimpin oleh pengusaha AS, Todd Boehly, membayar 4,25 miliar poundsterling untuk Chelsea pada bulan Mei atau sekitar 80 triliun rupiah.

Berbagai media Inggris lain, sepertiThe Telegraph hingga The Sun, berspekulasi Glazer akan menjual Manchester United di angka 9 miliar poundsterling, dan akan mempertimbangkan tawaran sebesar 5 miliar poundsterling.

Baca Juga: Resmi! Manchester United Putus Kontrak Cristiano Ronaldo

Sebelumnya diberitakan, fans sudah lama memprotes keluarga Glazers terkait kepemilikan klub ini. Performa klub yang menurun menjadi salah satu alasannya.

Manchester United tampak kesuliatan bersaing dengan Liverpool hingga Manchester City usai Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun.

Salah satu protes terbesar datang pada Mei 2021 silam dan menyebabkan laga kandang kontra Liverpool ditunda. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.