Kompas TV regional berita daerah

Banjir, Pengantin Naik Perahu Karet ke Lokasi Resepsi

Kompas.tv - 23 November 2022, 13:38 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.TV - Meski pemukiman dikepung banjir setinggi satu meter, sebuah resepsi pernikahan di Polewali Mandar,  Sulawesi Barat tetap dilaksanakan. Pasangan pengantin ini pun nekat menerjang genangan banjir  bahkan pengantin perempuan terpaksa dinaikkan ke perahu karet saat dibawa ke tempat resepsi. Video pasangan pengantin menerjang genangan banjir ini pun viral di media sosial.

Dengan mengenakan busana pengantin adat mandar, seorang mempelai perempuan terpaksa dinaikkan kesebuah perahu karet mini menuju rumah mempelai pengantin pria untuk melaksanakan resepsi adat yang disebut marola. Tradisi marola adalah rangkaian acara dalam resepsi pernikahan dengan membawa pengantin wanita kerumah pengantin pria untuk sejenak diperkenalkan kepada seluruh kaum keluarga dan kemudian kembali untuk melanjutkan acara dilokasi resepsi pernikahan. Agar perahu dipastikan aman sejumlah warga pun ikut mendorong perahu karet yang membawa pengantin wanita menembus genangan banjir menuju lokasi acara dirumah pengantin pria dengan jarak lebih dari seratus meter. Sementara pengantin pria menyusul dari belakang dengan berjalan kaki. Peristiwa acara pernikahan yang dikepung banjir ini terjadi di desa Lapeo kecamatan Campalagian pada Jumat siang kemarin. Rekaman video warga saat pengantin dibawa dengan perahu karet melewati genangan banjir ini pun langsung viral setelah diunggah di media sosial.

Menurut sang pengantin meski lokasi rumah pengantin pria maupun lokasi resepsi pernikahan tergenang banjir, namun acara tetap harus dilaksanakan lantaran undangan telah tersebar meski demikian kondisi banjir ditengah hari bahagianya sempat membuat pasangan ini sedikit malu dan resah. Usai melangsungkan tradisi marola di rumah pengantin pria, pasangan pengantin atas nama Sulaeman dan Wajidah pun harus kembali untuk melanjutkan acara dilokasi resepsi menunggu tamu undangan yang akan datang. Namun lantaran banjir mulai agak surut kedua pasangan inipun lebih memilih berjalan kaki bersama menembus genangan banjir.

Cuaca buruk dengan intensitas hujan tinggi memicu luapan banjir disejumlah kecamatan dwilayah Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada Jumat kemarin. Pihak BPBD setempat menyatakan ada lima kecamatan yang terdampak banjir akibat cuaca ektrim kali ini.

 

#cuacaekstrem

#banjirdipolewali

#pasanganpengantinmnerjangbanjir



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.