Kompas TV entertainment selebriti

Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina di Jogja Dimulai 8 Desember, Ini Rangkaian Acaranya

Kamis, 24 November 2022 | 16:23 WIB
prosesi-pernikahan-kaesang-dan-erina-di-jogja-dimulai-8-desember-ini-rangkaian-acaranya
Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dimulai pada 8 Desember 2022 di Yogyakarta. (Sumber: Instagram/@erinagudono)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono rupanya akan mulai digelar mulai 8 Desember hingga 10 Desember 2022

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa prosesi pernikahan Kaesang dan Erina dimulai dengan semaan Al-Quran.

“Kemudian, tanggal 9 itu mulai pasang bleketepe dan seterusnya. Malam itu midodareni,” jelas Kadarmanta, Kamis (24/11/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jokowi Pilih Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang, Pengamat: Momen yang Bagus

Bleketepe adalah anyaman dari daun kelapa yang dipasang di depan rumah sebagai tanda adanya acara pernikahan. Prosesi bleketepe dilakukan oleh ayah calon pengantin perempuan saat pemasangan tarub.

Adapun midodareni adalah salah satu rangkaian acara sebelum pernikahan, di mana calon pengantin pria datang ke rumah calon pengantin perempuan untuk mengantarkan seserahan.

Pada prosesi midodareni, calon pengantin perempuan hanya boleh berada di kamar pengantin.

Setelah rangkaian acara sebelum pernikahan dilakukan, dilanjutkan dengan acara inti, yakni akad nikah yang diselenggarakan 10 Desember.

“Paling pokok pada upacara nikahnya tanggal 10 jam 12.00. Itu informasi yang saya terima,” terang Kadarmanta.


Baca Juga: Berkas Pernikahan Kaesang-Erina Sudah Diterima KUA Sleman, Ijab Kabul Digelar 10 Desember Nanti!

Kadarmanta menjelaskan bahwa semaan Al-Qur'an dan bleketepe akan digelar di rumah Erina Gudono di Sleman, DIY, sebagai pihak yang memiliki hajat.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa para tamu pejabat nantinya akan lebih banyak menghadiri acara di Solo, Jawa Tengah.

“Mungkin kalau tamu pejabat lebih banyak ke Solo saat ngunduh mantu,” jelas dia.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x