Kompas TV olahraga sepak bola

Ini Tiga Calon Pembeli Kredibel dan Serius Manchester United, Ada Facebook dan Amazon

Kamis, 24 November 2022 | 18:31 WIB
ini-tiga-calon-pembeli-kredibel-dan-serius-manchester-united-ada-facebook-dan-amazon
Facebook, Amazon hingga Dubai disebut sebagai calon pembeli Manchester United yang resmi dijual keluarga Glazer. (Sumber: Twitter @ManUtd)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Facebook atau Meta, Amazon hingga kekayaan asal Dubai dilaporkan bisa jadi calon pembeli Manchester United usai klub sepak bola itu dinyatakan dijual oleh keluarga Glazer.

Keluarga Glazer yang tidak disenangi oleh pendukung sementara mengatakan bahwa mereka sedang "menjelajahi alternatif strategis untuk klub" di mana hal itu bisa menjadi akhir 17 tahun kepemimpinan mereka di Old Trafford. 

Dilansir dari Daily Mail, setidaknya ada tiga calon pembeli Manchester United yang bersedia mengeluarkan dana untuk mengambil alih kepemilikan keluarga Glazer. 

Dua raksasa teknologi, Facebook atau Meta dan Amazon, disebut sebagai pelamar yang "kredibel" dan "serius" untuk menggantikan posisi keluarga miliarder Amerika Serikat itu.

Selain itu, kekayaan asal Dubai juga dilaporkan bisa menjadi pemilik anyar Manchester United. 

Dubai bisa saja mengikuti para pesaing mereka di Timur Tengah seperti Abu Dhabi, Qatar dan Arab Saudi, yang masing-masing menjadi pemilik Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Newcastle.

Keluarga Glazer sendiri mematok harga bagi peminat Manchester United senilai 9 miliar poundsterling atau sekitar Rp170 triliun. 

Baca Juga: Resmi! Manchester United Putus Kontrak Cristiano Ronaldo

Jika harga tersebut bisa dicapai, maka Manchester United bakal menjadi tim olahraga dengan nilai termahal, mengungguli tim American Football yang disebut bernilai 7,23 miliar poundsterling atau Rp136 triliun. 

Sebelum tiga nama ini muncul, orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe disebut menjadi peminat utama Manchester United yang bakal segera melakukan penawaran. 

Sementara itu, miliarder Inggris lainnya, Michael Knighton, juga disebut mempunyai ketertarikan kepada MU. 

Akan tetapi, siapa pun nanti pembeli Manchester United, mereka harus menyiapkan dana lebih untuk pembangunan kembali Old Trafford. 

Modernisasi stadion kebanggaan Mancunian itu bakal menghabiskan dana mencapai 2 miliar poundsterling atau Rp37 triliun. 

"Manchester United plc, salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, hari ini mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan ("Dewan") memulai proses untuk mengeksplorasi alternatif strategis untuk klub," bunyi pernyataan klub beberapa waktu lalu. 

“Prosesnya dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan klub di masa depan, dengan tujuan akhir memosisikan klub untuk memanfaatkan peluang baik di lapangan maupun secara komersial."

"Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan Perusahaan."

“Ini akan mencakup penilaian terhadap beberapa inisiatif untuk memperkuat klub, termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, dan perluasan operasi komersial klub dalam skala global, masing-masing dalam konteks meningkatkan kesuksesan jangka panjang klub pria, wanita dan tim akademi pria, dan membawa manfaat bagi penggemar dan pemangku kepentingan lainnya," demikian pernyataan tersebut.  

Baca Juga: Cody Gakpo Dibandingkan dengan Robin Van Persie, Bakal Ikuti Jejak ke Manchester United?


 


Sumber : Daily Mail

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x