Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Hindari 5 Perlakuan Buruk pada Kloset, Bisa Sebabkan Mampet

Sabtu, 26 November 2022 | 15:34 WIB
hindari-5-perlakuan-buruk-pada-kloset-bisa-sebabkan-mampet
Ilustrasi. Ada sejumlah perlakuan buruk yang dapat menyebabkan masalah pada kloset, termasuk dapat menyebabkan mampet. (Sumber: Pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Ada sejumlah perlakuan buruk yang dapat menyebabkan masalah pada kloset, termasuk dapat menyebabkan mampet.

Mengutip Kompas.com, setidaknya ada lima hal buruk yang sebaknya dihindari bahkan tidak boleh dilakukan pada kloset, dilansir Best Life.

Memasukkan tisu, napkin, tisu basah ke kloset

Menurut Doyle James, Presiden Mr Rooter Plumbing, tisu, napkin, dan tisu basah, berukuran lebih tebal daripada tisu toilet dan tidak boleh dibuang ke dalam kloset.

Ia menyebut, lubang kloset bukan tempat untuk membuang beragam benda, kecuali kotoran dan air.

Ia menyebut, tak jarang barang-barang seperti napkin dan tisu basah tidak dapat disiram dan menghalangi saluran pembuangan.

Membuang sisa minyak atau makanan

Membuang sisa minyak atau makanan ke dalam kloset juga merupakan hal yang sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan sejumlah masalah.

Penjelasan itu disampaikan oleh Brendon White, Direktur District Drain Solutions.

Baca Juga: Hetikan Buang Air Bekas Cucian ke Dalam Kloset, Septic Tank Bisa Lebih Cepat Penuh

Bahkan, kata dia, beberapa bahan (seperti bubuk kopi dan minyak) berubah menjadi pasta dan dapat menyebabkan masalah pada pipa saluran pembuangan.

Solusi umum untuk membuang minyak adalah membekukannya dan menuangkannya ke dalam wadah lama, kemudian buang ke tempat sampah.

Memasukkan benang gigi dan rambut

Benang gigi dan rambut bukan hanya dapat menyumbat wastafel, tetapi juga dapat tersangkut di kloset.

Jake Romano, Manajer John The Plumber, menjelaskan, benang gigi tahan lama dan dapat dengan mudah menempel pada kotoran di saluran air.

Bahkan, benang gigi dan rambut dapat berfungsi sebagai jaring yang memerangkap segala sesuatu dan menyebabkan penyumbatan besar.

Terlalu banyak bahan pembersih saluran pembuangan kimia

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah terlalu banyak menggunakan pembersih kloset berbahan kimia saat kloset mereka tersumbat.

Michael Berry, pendiri Folsom Plumbing Company, menjelaskan, bahan kimia kuat yang dapat memakan pipa dan menyebabkan kebocoran.

Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya dan selalu ikuti petunjuk pada botol. Untuk mengatasi sumbatan ringan, disarankan untuk menggunakan soda kue dan cuka.

Meskipun soda kue adalah bahan kimia, keduanya bukan jenis yang berpotensi berbahaya yang biasa digunakan untuk membersihkan saluran air.

Mengabaikan masalah yang tampak kecil

Mengabaikan kondisi kloset milikmu juga akan menimbulkan masalah, misalnya, membiarkan kloset berbunyi selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Cara Bersihkan Kerak Kloset, Hanya dengan Bahan Dapur Ini Jadi Kinclong Lagi

Hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada kemudian hari karena semakin buruk.

Beberapa masalah lain yang sering diabaikan termasuk lingkaran hitam di sekitar lubang kloset, bau yang tidak biasa saat disiram, dan sumbatan yang terus-menerus.


 


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x