Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

8 Tips Liburan saat Musim Hujan, Cek Prakiraan Cuaca hingga Siapkan Dana Ekstra

Kompas.tv - 26 November 2022, 13:10 WIB
8-tips-liburan-saat-musim-hujan-cek-prakiraan-cuaca-hingga-siapkan-dana-ekstra
Ilustrasi - Dengan persiapan yang matang, kamu bisa tetap liburan dengan aman dan menyenangkan di tengah musim hujan. Berikut 8 tips liburan saat musim hujan. (Sumber: Maridav/Shutterstock)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Musim hujan seperti saat ini dapat menjadi kendala saat kita pergi berlibur. Kebanyakan orang akan malas keluar rumah. Tapi di sisi lain, berdiam diri di rumah saat hari libur bisa membuat bosan.

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa tetap liburan dengan aman dan menyenangkan di tengah musim hujan.

Berikut 8 tips liburan saat musim hujan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek ramalan cuaca

Memeriksa ramalan cuaca sebelum pergi berlibur akan membantu kamu mengantisipasi masalah cuaca di tempat tujuan. Apalagi jika kamu berencana mengunjungi wisata alam.

Dengan mengecek prakiraan cuaca, kamu bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk berangkat, berapa lama di lokasi rekreasi, hingga kapan saat mulai mencari lokasi yang aman jika turun hujan.

Misalnya, pilih waktu keliling objek wisata saat prakiraan cuaca menunjukkan cuaca terang.

2. Pakai tas yang tahan air

Tas tahan air ini dapat melindungi barang bawaan kamu saat liburan di musim hujan. Bisa juga dengan membawa bag cover atau sarung tas sehingga barang-barang penting seperti gawai atau handphone tetap aman dan tidak basah jika hujan turun.

Baca Juga: Jembatan Gantung Kaca Bromo Selesai Desember, Bisa untuk Liburan Akhir Tahun, Nih!

3. Bawa payung dan jas hujan

Payung dan jas hujan merupakan dua perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan di musim hujan. Kamu bisa memilih membawa payung lipat sehingga barang bawaan tetap efisien.

Pastikan kedua barang tersebut berada di tempat yang mudah dijangkau, sehingga kamu tidak perlu repot membongkar tas ketika turun hujan secara tiba-tiba.

4. Pilih pakaian yang cepat kering

Pakaian basah kuyup membuat tidak nyaman. Sayangnya, itu bisa saja jika terjadi jika kita berlibur saat musim hujan. Jadi, kamu harus mempersiapkan mental dengan kondisi tersebut.

Tips agar liburan kamu tetap nyaman adalah membawa pakaian dengan bahan yang cepat kering. Misalnya, menggunakan pakaian berbahan katun ringan tentu lebih menguntungkan daripada pakaian berbahan jeans atau wol.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x