Kompas TV nasional peristiwa

Benarkah Stadion GBK Tak Boleh Dipakai sebelum Piala Dunia U20? Begini Aturan FIFA

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB
benarkah-stadion-gbk-tak-boleh-dipakai-sebelum-piala-dunia-u20-begini-aturan-fifa
Presiden Jokowi menghadiri silaturahmi akbar relawan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penggunaan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk silaturahmi akbar relawan Nusantara Bersatu yang dihadiri Presiden Jokowi, Sabtu (26/11/2022), dipermasalahkan warganet. Tanda pagar atau tagar #KatanyaGBK merangkak naik di kolom trending topic Twitter. 

Benarkah Stadion GBK tak boleh dipakai enam bulan sebelum Piala Dunia U20?

Duduk perkaranya, awal bulan ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, stadion tersebut sudah tak boleh dipakai untuk kegiatan apa pun. Sebab, Stadion GBK sudah dipilih sebagai venue Piala Dunia U20 pada 20 Mei 2022 hingga 11 Juni 2023 mendatang.

"Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain," kata Zainudin, Rabu (2/11), menukil Antara.

Sedianya, grup musik K-Pop Blackpink bakal mengadakan konser di Stadion GBK pada 11-12 Maret 2023 mendatang. 

"Saya bisa memastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar). Kami sudah memberi kesediaan ke FIFA, bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan untuk Piala Dunia U20," kata Zainudin.

Baca Juga: Jokowi Ajak Pilih Pemimpin yang Pikirkan Rakyat, Cirinya Banyak Kerutan di Wajah dan Rambutnya Putih

Kendati demikian, merujuk pada aturan resmi dari FIFA, sebenarnya venue Piala Dunia U20 2023 benar-benar harus steril pada dua minggu sebelum ajang ini digelar.

Hal itu dijelaskan dalam FIFA Regulations for the FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023, tepatnya pada Bab 5 tentang Stadiums and Training Sites.

Berikut KOMPAS.TV mengutip poin-poin yang relevan dengan permasalahan ini:

Poin 19.3: The stadiums shall not be used for any other matches or events from at least 14 days prior to the start of the World Cup 2023 (or earlier if deemed necessary by FIFA if conditions require) and concluding at the earliest one day after the last scheduled match at the respective stadium, unless FIFA gives special permission.

Stadion tidak boleh digunakan untuk pertandingan atau event lain, setidaknya 14 hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2023, (atau lebih awal, jika dianggap perlu oleh FIFA, dan jika kondisi mengharuskan), dan paling cepat satu hari setelah pertandingan terjadwal terakhir, di stadion masing-masing, kecuali FIFA memberi izin khusus.

Poin 19.4:  All stadiums shall be available and free of any and all commercial activities and identifications (e.g. boards and other signage) other than those of FIFA’s commercial affiliates at least five days prior to the opening match of the World Cup 2023 until one day after the last scheduled match at the respective stadium.

Semua stadion harus tersedia dan bebas dari setiap kegiatan dan identifikasi komersial, selain afiliasi komersial FIFA, setidaknya lima hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia 2023, hingga satu hari setelah jadwal pertandingan terakhir di stadion masing-masing.

Baca Juga: Jokowi: Tidak Mungkin Kita Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Anies Telepon Gibran, Ajak Ketemuan di Jakarta

Kamis, 2 Februari 2023 | 19:25 WIB
Close Ads x