Kompas TV entertainment lifestyle

Tak Hanya sebagai Obat Pelangsing Alami, Ini Manfaat Daun Kelor Lainnya, Apa Saja?

Kompas.tv - 26 November 2022, 18:03 WIB
tak-hanya-sebagai-obat-pelangsing-alami-ini-manfaat-daun-kelor-lainnya-apa-saja
Ilustrasi. Manfaat daun kelor tak hanya sebagai obat pelangsing alami, tetapi juga bisa untuk mengontrol gula darah dan koleterol.  (Sumber: kontan.co.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di balik daunnya yang mungil, terdapat berbagai manfaat daun kelor. Salah satu manfaat daun kelor adalah sebagai obat pelangsing alami.

Artikel yang terbit di laman Healthline menyebutkan bahwa daun kelor atau moringa oleifera, merupakan tanaman yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan.

Di India, daun kelor dibuat sebagai bahan ramuan untuk pengobatan Ayurveda. Masyarakat India memanfaatkan daun kelor untuk mengobati penyakit kulit, diabetes, dan infeksi.

Baca Juga: Air Rebusan Daun Kelor Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus

Daun kelor memiliki beragam kandungan, termasuk vitamin, protein, lemak, serat, hingga mineral. Polifenol juga menjadi kandungan penting dalam daun kelor.

Daun Kelor sebagai Pelangsing Alami

Bubuk daun kelor telah banyak dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, daun kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Studi pada manusia dilakukan kepada 41 orang gemuk yang memiliki pola makan dan olahraga yang identik. Selama 8 minggu, mereka mengonsumsi 900 mg suplemen yang mengandung daun kelor, kunyit, dan kali.

Mereka yang mengonsumsi suplemen tersebut berhasil menurunkan berat badan hingga 4,8 kg. Sementara yang tidak mengonsumsi, hanya menurunkan berat badan 1,8 kg.

Baca Juga: Teh Daun Kelor Jadi Souvenir di KTT G20, Ternyata Manfaatnya Enggak Main-main

Manfaat Daun Kelor



Sumber : Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x