Kompas TV regional berita daerah

Organisasi Binaan BIN Kembangkan Pertanian Jagung Dan Pakan Ayam Petelur di Jayapura

Sabtu, 26 November 2022 | 16:11 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat, organisasi Binaan Badan Intelijen Negara, Papua Muda Inspiratif panen 10 ton jagung di Distrik Namblong Kabupaten Jayapura.

Panen jagung dimulai secara simbolis oleh  deputi IV bidang intelijen ekonomi BIN, Made Kartikajaya, selaku pembina PMI, pada lahan seluas 10 hektar di Distrik Namblong Kabupaten Jayapura.

Organisasi binaan BIN ini bertujuan untuk menambah ide kreatif generasi Muda Papua dalam mengimplementasikan potensi yang dimiliki dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasi.

Tidak hanya memanen 10 ton jagung, melainkan Pemuda Papua Inspiratif juga akan membantu menjual hasil panen petani lokal, yang hingga kini masih kesulitan memasarkan hasil pertanian mereka.

Selain pengembangan petani jagung, PMI juga berhasil memproduksi pakan telur ayam petelur, yang saat ini kapasitas produksi pakan sekitar 7 ton perhari dengan nilai jual sekitar Rp 7.900 per kilogram.

Awalnya kendala yang dihadapi adalah kurangnya bahan baku pakan yang 55 persen terbuat dari jagung. Namun dengan adanya PMI yang menggulirkan program penanaman jagung, maka semua hasil panen jagung akan dibeli dan dijadikan bahan pakan.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x