Kompas TV nasional politik

Batal Pekan Ini, DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Yudo Margono Pekan Depan

Kompas.tv - 30 November 2022, 10:23 WIB
batal-pekan-ini-dpr-gelar-uji-kelayakan-dan-kepatutan-calon-panglima-tni-yudo-margono-pekan-depan
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. (Sumber: Dispenal)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya belum bisa menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang awalnya diagendakan pekan ini, Rabu (30/11/2022). 

Ia menjelaskan, saat ini para pimpinan sedang mencari waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) membahas waktu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan.

Baca Juga: Jokowi Jelaskan Alasan Pilih Yudo Margono sebagai Calon Tunggal Panglima TNI: Rotasi Matra

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin. Karena kan sudah Selasa sekarang. Kamis itu kelihatannya enggak ada rapim sama bamus," kata Dasco kepada wartawan, Rabu (30/12/2022). 


Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan nanti, pihaknya akan mengunjungi rumah orang nomor satu di matra angkatan laut tersebut. 

Hal tersebut pernah dilakukan Komisi I DPR saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Panglima TNI sekarang Jenderal Andika Perkasa.

"Kalau mengikuti Jenderal Andika, kita melakukan segera setelah fit and proper test, kami belum mengadakan rapat internal Komisi I tetapi kemungkinan besar hal itu dilakukan juga sama," ujarnya.

Menurut dia, KSAL Yudo layak menjadi Panglima TNI karena rekam jejaknya yang cemerlang. 

Baca Juga: Eks KSAL Titip Pesan untuk Calon Panglima TNI Yudo Margono

"Track recordnya cukup cemerlang dan detailnya, tidak pas disampaikan sebelum fit and proper test. Yang jelas saya cukup memahami dan ikut senang karena kemudian Angkatan Laut diberi masanya untuk memimpin Panglima TNI," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x