Kompas TV nasional update

Tak Perlu ke Lokasi Bencana, Ini Daftar Posko Terpusat untuk Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kompas.tv - 30 November 2022, 12:34 WIB
tak-perlu-ke-lokasi-bencana-ini-daftar-posko-terpusat-untuk-salurkan-bantuan-korban-gempa-cianjur
Para pengungsi beristirahat di dalam tenda di tempat penampungan sementara di Cianjur, Jawa Barat (25/11/2022). Masyarakat diimbau menyalurkan bantuan ke posko terpusat, jangan langsung ke lokasi bencana karena menimbulkan kemacetan yang menghambat evakuasi korban dan penyaluran bantuan. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemkab Cianjur dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta berbagai kalangan yang hendak berdonasi untuk korban gempa, agar menyalurkannya melalui posko terpusat pemerintah dan posko terpusat organisasi kemanusiaan yang terpercaya.

Hal itu untuk  memudahkan proses evakuasi dan penanganan cepat tim gabungan. Lantaran banyaknya pemberi bantuan yang datang langsung ke lokasi bencana, justru membuat kemacetan.

"Silahkan berdonasi untuk meringankan beban warga korban gempa, tapi jangan sampai menggunakan banyak kendaraan karena akan menghambat proses evakuasi dan penyaluran logistik ke posko kesehatan di pengungsian, terutama kendaraan taktis yang digunakan untuk evakuasi warga yang sakit," kata Bupati Cianjur Herman Suherman beberapa hari lalu.

Posko terpusat juga memudahkan penghimpunan data maupun informasi yang dibutuhkan publik serta media mengenai jumlah hingga kondisi korban gempa Cianjur.

Baca Juga: Bantah Korban Gempa Tolak Bantuan, Kapolres Cianjur: Warga Sangat Butuh Bantuan

Posko terpusat seperti itu juga memiliki data dan sistem penyaluran bantuan yang lebih baik, serta selalu terupdate. Sehingga bantuan dapat disalurkan tepat sasaran kepada masayrakat sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga pemberi bantuan tak perlu terjun langsung ke lokasi bencana dan bisa diselesaikan oleh tim yang berpengalaman.

Berikut daftar posko terpusat Pemkab Cianjur serta instansi lainnyalainnya dikutip dari berbagai sumber:

1. Pendopo Kabupaten Cianjur

Pendopo Kabupaten Cianjur berlokasi di Jl. H. Siti Jenab No. 31, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Nomor telepon: (0263) 261890.

Di sini ada sejumlah posko pengungsian, dapur umum, tenda darurat media, dan gudang logistik yang menampung bantuan dari berbagai pihak. Logistik tersebut kemudian disalurkan ke seluruh wilayah terdampak gempa di Cianjur.

Baca Juga: Cerita Relawan Tak Bisa Optimal Salurkan Air Bersih Karena Macet di Lokasi Gempa Cianjur



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.