Kompas TV entertainment selebriti

Pidi Baiq Bantu Nia Ramadhani Tulis Novel Perjalanan Hidup hingga Terjerat Narkoba

Kompas.tv - 30 November 2022, 16:26 WIB
pidi-baiq-bantu-nia-ramadhani-tulis-novel-perjalanan-hidup-hingga-terjerat-narkoba
Nia Ramadhani meminta masukan kepada Pidi Baiq tentang novel yang sedang dia tulis berjudul Cerita Ade. (Sumber: Instagram/@pidibaiq)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artis Nia Ramadhani akhirnya merilis novel berjudul “Cerita Ade” yang berisi perjalanan hidupnya, termasuk saat tersandung narkoba beberapa waktu yang lalu.

Novel tersebut ditulis saat dia menjalani masa rehabilitasi narkoba di Fan Campus, Bogor. Nia Ramadhani pun menceritakan proses kreatif di balik penulisan novelnya.

“Tulisan itu kan sebenarnya di awal emang nggak rencana untuk dibikin buku, tapi tulisan yang aku bikin untuk menggali diri aku sendiri,” kata Nia, Rabu (30/11/2022), seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Cerita Nia Ramadhani Lempar Uang Segepok ke Wajah Ardi Bakrie: Aku Masih Punya Harga Diri

Tulisan itu mulanya seperti jurnal harian. Ada catatan yang berisi masukan dari para konselor, psikolog, hingga ustaz. Cerita masa kecil Nia pun ditulis.

Masa-masa penting di kehidupan ibu tiga anak itu juga terangkum di “Cerita Ade”, mulai saat remaja, masa kegagalan, masa sebelum bertemu dengan Ardi Bakrie, sampai cerita narkoba.

Setelah dibaca ulang, istri Ardi Bakrie itu lantas berpikir untuk mengemasnya menjadi novel, menceritakan seorang perempuan dari masa kecil hingga dewasa.

Baca Juga: Terkuak! Ternyata Ini Sosok yang Bantu Nia Ramadhani selama Rehabilitasi

Menurutnya, buku tersebut akan bermanfaat jika dibaca oleh orang lain sehingga dia ingin mempublikasikannya.

"Banyak yang bisa dipelajari dari buku itu, baik dari kesalahan-kesalahan saya dan juga ilmu-ilmu yang dikasih sama konselor kan aku juga bagikan di situ. Jadi mungkin bisa dipraktekkan di rumah," jelas dia.

Selama menulis dan mengembangkan cerita, Nia Ramadhani dibantu oleh penulis Pidi Baiq. Penulis novel “Dilan” itu membantu mengembangkan buku tersebut menjadi bentuk novel.

“Aku bekerja sama dengan Ayah Pidi Baiq untuk dibikin menjadi sebuah novel. Jadi dia yang menyambungkan lah satu demi satu," ucap Nia.

Baca Juga: Curhatan Nia Ramadhani Usai Terjerat Kasus Narkoba: Berjanji akan Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Sebagai informasi, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, beserta sopir mereka, Zen Vivanto, ditangkap karena kasus narkoba pada Juli 2021 lalu.

Ketiga kemudian menjalani rehabilitasi selama delapan bulan di Fan Campus, Bogor. Pada 29 Maret 2022, mereka pun bebas dari rehabilitasi.



Sumber : Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x