Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Lansia 80 Tahun Diduga Pikun, Dikira Nyalakan Tungku di Pawon Malah Bakar Rumah

Kompas.tv - 30 November 2022, 16:33 WIB
cerita-lansia-80-tahun-diduga-pikun-dikira-nyalakan-tungku-di-pawon-malah-bakar-rumah
Kondisi rumah terbakar di Pedukuhan Sibolong, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rumah itu dihuni dua lansia (Sumber: DOKUMENTASI POLRES KP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Dikira menyalakan pawon atau tungku kayu bakar untuk memasak, seorang lanjut usia (lansia) berumur 80 tahun berinsial HS menyalakan api pada kasur di rumah itu, dan membakar hampir seisi rumahnya. 

Lansia itu tinggal di Pedukuhan Sibolong, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Mereka hidup berpasangan dan bernama Hadi Sumarto dan Parni.

Keduanya berumur 80 tahun. Mereka hidup hanya berdua karena keluarganya merantau dan jauh dari lokasi mereka. 

“Nihil korban jiwa pada peristiwa ini. Kerugian sedikitnya Rp2.000.000,” kata Plh Kasi Humas Polres Kulon Progo, IPTU Dwi Wijayanto Selasa (29/11/2022) dilansir Kompas.com.

Hasil pemeriksaan di lokasi, polisi menduga HS merupakan lansia yang pikun. Ia semula bermaksud merebus air dalam ceret atau teko untuk menghangatkan badan. 

Tapi, ia malah meletakkan ceret pada kasur. Diduga karena pikun itu, ia mengira kasur adalah tungku, kemudian menyalakan api di sana. HS bahkan menunggu di sampingnya.

Api lantas membesar, merusak tiga kasur, satu televisi, dan satu penanak nasi atau magic com, dan satu meteran listrik turut terbakar.

Beberapa bagian kayu dinding tampak hangus terbakar, juga beberapa bagian atap tampak pecah dan bolong.

Baca Juga: Warga Lansia Mulai Disuntik Vaksin Booster Kedua

Keluarga Jauh, Penghuni Sudah Tua 



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x