Kompas TV nasional hukum

Karomani Sebut Zulkifli Hasan Titip Keponakan Masuk Fakultas Kedokteran Unila meski Nilainya Kurang

Kompas.tv - 30 November 2022, 20:09 WIB
karomani-sebut-zulkifli-hasan-titip-keponakan-masuk-fakultas-kedokteran-unila-meski-nilainya-kurang
Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (Sumber: unila.ac.id)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Rektor Universitas Lampung (Unila) nonaktif Karomani menyebut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas ikut menitipkan seseorang kepadanya agar bisa masuk Unila.

Adapun seseorang yang merupakan titipan Zulhas tersebut, kata Karomani, berinisial ZAG, yang ingin masuk ke Fakultas Kedokteran sebagai mahasiswa baru tahun 2022.

Baca Juga: Rektor Untirta hingga Anggota DPR Ikut Diperiksa KPK soal Suap Penerimaan Mahasiswa Baru di Unila

Demikian hal tersebut disampaikan Karomani saat menjadi saksi kasus dugaan suap untuk terdakwa Andi Desfiandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungkarang, Bandarlampung.

"Zulkifli Hasan ikut menitipkan satu orang untuk diloloskan menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung," kata Karomani pada Rabu (30/11/2022).

Karomani menjelaskan, ZAG dititipkan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Ary Meizari Alfian, yang mengatakan bahwa calon mahasiswa itu adalah titipan Zulkifli Hasan.

"Saya diberi tahu oleh Ary, 'ZAG ini keponakan Pak Zulkifli (Hasan), tolong dibantu'. Saya bilang asal sesuai SPI dan nilai passing grade-nya, passing grade 500 ke atas bisa dibantu," ujar Karomani.

Baca Juga: Saksi Sebut Diperintah Mantan Rektor Unila Karomani Kumpulkan Uang dari Orang Tua Mahasiswa Baru

Karomani melanjutkan, setelah itu, ZAG memberikan uang yang kemudian disebut sebagai "infak" setelah dinyatakan lolos masuk ke Unila.

Namun demikian, soal jumlah uang yang diberikan, Karomani mengaku tak tahu pasti, karena yang menerima uang tersebut adalah Mualimin, orang kepercayaan Karomani.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x