Kompas TV olahraga sapa qatar

Statistik Brasil di Piala Dunia 2022: Alisson Becker Tak Berkeringat!

Rabu, 30 November 2022 | 18:41 WIB
statistik-brasil-di-piala-dunia-2022-alisson-becker-tak-berkeringat
Kiper Brasil Alisson Becker (kiri) beserta dua bek tengah Thiago Silva (tengah) dan Marquinhos. (Sumber: Sportbrief.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Brasil sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tim berjuluk Selecao itu menorehkan catatan impresif selama dua matchday perdana dan membuat sang kiper Alisson Becker seolah tidak berkeringat.

Brasil tergabung di Grup G Piala Dunia 2022. Mereka sukses memenangkan dua laga awal melawan Serbia (2-0) dan terakhir menekuk Swiss dengan skor 1-0. 

Tim arahan Tite memang terkenal dengan barisan para penyerangnya. Melansir Fbref, Brasil telah melepaskan 14 tembakan tepat sasaran selama dua pertandingan awal. Catatan itu hanya kalah dari Inggris (17) yang sudah bermain sebanyak tiga kali. 

Baca Juga: Casemiro Bobol Gawang Swiss, Pastikan Langkah Brasil ke 16 Besar

Namun, hal yang paling impresif dari Brasil ternyata adalah kesolidan lini pertahanannya. Selain belum kebobolan, gawang Brasil yang dijaga Alisson Becker belum terancam satu pun shots on target dari para lawannya.

Untuk sementara, Alisson Becker menjadi satu-satunya kiper di Piala Dunia 2022 yang belum melakukan satu pun penyelamatan. 

Lini belakang Brasil diisi para pemain berpengalaman macam Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro, hingga gelandang bertahan Manchester United, Casemiro. 

Menurut Thiago Silva, lini bertahan Brasil sangat solid karena kewaspadaan tim yang tinggi. 

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Winger Brasil Antony Mengeluhkan AC di Qatar

Silva menyebut salah satu faktor Brasil sangat fokus di lini pertahanan adalah kewaspadaan tinggi usai melihat sejumlah favorit juara Piala Dunia macam Argentina menelan kekalahan dari Arab Saudi yang notabene tidak satu level. 

“Kami melihat hasil yang mengejutkan di game lain yang sedang berlangsung. Yang keren adalah kami mempertahankan performa, bagian pertahanan yang solid," kata Silva dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Brasil (CBF).

"Hal ini memberikan kepercayaan diri di lini depan, baik bagi para penyerang dan bahkan bagi Casão (Casemiro) untuk memiliki sedikit lebih banyak kebebasan untuk menyelesaikan seperti yang dia lakukan”, tegas Thiago.

Baca Juga: Untuk ke-14 Kalinya secara Beruntun Brasil Lolos ke Fase Gugur

 


Sumber : Kompas TV/fbref.com/CBF

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x