Kompas TV olahraga sepak bola

Khawatir Rumput Rusak, FIFA Tak Izinkan Kegiatan di Stadion Utama GBK di Luar Sepak Bola

Rabu, 30 November 2022 | 18:51 WIB
khawatir-rumput-rusak-fifa-tak-izinkan-kegiatan-di-stadion-utama-gbk-di-luar-sepak-bola
Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Sumber: KOMPAS.COM/Alsadad Rudi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIFA tidak memberikan izin penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang akan menjadi venue Piala Dunia U20 2022 untuk penggunaan di luar acara sepak bola salah satunya konser. 

PSSI telah mengirimkan surat ke FIFA terkait penggunaan 6 stadion yang akan dipakai untuk venue Piala Dunia U20 tahun depan di luar untuk kepentingan sepak bola.

Dalam balasannya, FIFA menegaskan bahwa penggunaaan 6 stadion di luar kepentingan sepak bola sebelum Piala Dunia U20 digelar tidak diperkenankan.

Hal itu dikarenakan kegiatan sebelum dan sesudah konser bakal membuat rumput di stadion bisa rusak. 

"Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan," kata Christian Schmolzer, Men’s Tournament Manager FIFA dikutip dari paman resmi PSSI, Rabu (30/11/2022). 

"Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi 'stres' yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," jelasnya. 

Baca Juga: Benarkah Stadion GBK Tak Boleh Dipakai sebelum Piala Dunia U20? Begini Aturan FIFA

Schmolzer menambahkan, dengan investasi yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20, tentu akan merugikan jika mengadakan kegiatan di luar sepak bola dengan waktu yang berdekatan pada penyelenggaraan. 

"Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen," lanjutnya m

"Dengan ini kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan ini kepada Manajemen Stadion GBK," pungkas Schmolzer. 

Meski tidak menyebutkan kegiatan apa yang dimaksud, konser Raisa yang rencananya berlangsung pada 25 Februari 2023 dan Blackpink pada 11-12 Maret 2023 menjadi dua acara yang kemungkinan dimaksud oleh FIFA. 

Piala Dunia U20 sendiri bakal digelar di enam stadion yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar) dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) mulai tanggal 20 Mei-11 Juni 2023.

Baca Juga: Kesiapan GBK Jelang Piala Dunia U20, 2023

Meski FIFA tak memberi izin penggunaan stadion venue Piala Dunia U20 di luar sepak bola, tampaknya penggunaan untuk pertandingan sepak bola masih diizinkan. 

PSSI sebelumnya mengatakan bahwa untuk Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan berkandang di SUGBK. 

Piala AFF 2022 akan dihelat pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Di ajang tersebut, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan menjamu Kamboja pada laga perdana mereka di Grup A, tanggal 23 Desember 2022.

Tiga hari berselang, Indonesia giliran bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam yang akan berkandang di Stadion Kuala Lumpur (KLFA), Malaysia.

Kemudian Fachrudin Aryanto dkk bakal menjamu Thailand, 29 Desember 2022 serta, terakhir, menantang Filipina di kandang mereka pada 2 Januari 2023. 

Baca Juga: Penggunaan GBK untuk Piala AFF 2022 Tunggu Persetujuan FIFA


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x