Kompas TV entertainment selebriti

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Jalani Tradisi Pingitan: sampai Ketemu Lagi di Meja Akad

Kompas.tv - 30 November 2022, 18:35 WIB
kaesang-pangarep-dan-erina-gudono-jalani-tradisi-pingitan-sampai-ketemu-lagi-di-meja-akad
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat berziarah ke Makam Mangkunegara I - IX, Selasa (29/11/2022). (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani tradisi pingitan sebelum melangsungkan pernikahan pada 10 Desember 2022 mendatang.

Melalui akun Instagram masing-masing, keduanya menyampaikan salam perpisahan. Pasalnya, Kaesang dan Erina tidak diperbolehkan untuk bertemu sebelum hari H akad nikah.

Sampai ketemu lagi di meja akad,” tulis Kaesang Pangarep yang mengunggah potret bersama Erina, Rabu (30/11/2022).

Sampai bertemu lagi di…,” tulis Erina.

Baca Juga: Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina Dilakukan 3 Hari, Wakapolda DIY: Jangan Hanya Fokus ke Tamu VIP

Melansir Tribunnews, tradisi pingitan pada pengantin Jawa merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan menjelang pernikahan. Calon mempelai perempuan dilarang untuk bertemu dengan calon mempelai pria.

Pingitan dilakukan untuk memupuk rasa rindu bagi kedua calon mempelai. Selain itu, pingitan juga bertujuan untuk melatih kesabaran, membangun rasa saling percaya, dan menjauhkan diri dari bahaya.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Widi Nugroho, pingitan yang dilakukan oleh Kaesang dan Erina dilakukan agar masing-masing calon mempelai ini bisa mempersiapkan diri menjelang pernikahan.

“Dipingit atau tidak boleh bertemu untuk sementara waktu memang tradisi dari pengantin di Jawa. Ini dilakukan agar keduanya saling memahami walaupun tidak bertemu dan untuk mempersiapkan segala sesuatu menjelang hari pernikahan,” jelas Widi dalam program Kompas Petang.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang dan Erina, 5.000 Relawan Jokowi Bakal Menginap di Asrama Haji Donohudan 2 Hari



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x