Kompas TV olahraga sapa qatar

Stephanie Frappart Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia 2022, Debut Kosta Rika vs Jerman

Kompas.tv - 30 November 2022, 20:45 WIB
stephanie-frappart-jadi-wasit-wanita-pertama-di-piala-dunia-2022-debut-kosta-rika-vs-jerman
FILE - Dalam file foto Sabtu, 29 Juni 2019 ini, Wasit Stéphanie Frappart dari Prancis selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia Wanita antara Jerman dan Swedia di Roazhon Park di Rennes, Prancis. Frappart telah ditunjuk sebagai wasit untuk Piala Super Eropa antara Liverpool dan Chelsea, menjadikannya wanita pertama yang menjadi wasit acara utama UEFA untuk pria. UEFA mengumumkan penunjukan Frappart pada Jumat, 2 Agustus 2019. (Sumber: AP Photo/David Vincent, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejarah pengadil lapangan akan terukir di laga Kosta Rika vs Jerman yang digelar di Stadion Al Bayt pada Kamis (1/12/2022) besok. Stephanie Frappart menjadi wasit wanita pertama dalam sejarah Piala Dunia yang memimpin pertandingan turnamen pria. 

Ini merupakan prestasi kesekian kalinya bagi Frappart yang sebelumnya menjadi wasit wanita pertama di pertandingan Ligue 1 dan Liga Champions UEFA.

"Piala Dunia putra adalah kompetisi olahraga terpenting di dunia. Saya adalah wasit pertama di Prancis dan di Eropa, jadi saya tahu bagaimana menghadapinya," kata wanita berusia 38 tahun asal Prancis itu. 

Nantinya dalam memimpin laga Kosta Rika vs Jerman, Frappart bakal ditemani dua asisten wasit yang juga seorang wanita yaitu Neuza Back dan Karen Diaz. 

Di Piala Dunia tahun ini, FIFA memang sudah mempersiapkan sejumlah wasit wanita untuk menjadi pengadil di lapangan. 

Selain Frappart, ada wasit utama lain yang seorang wanita yaitu Yoshimi Yamashita dan Salima Mukansanga serta satu asisten wasit Kathryn Nesbitt. 

"Mereka dipilih bukan karena mereka wanita, tetapi sebagai wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun," kata Ketua Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina. 

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita akan Pimpin Pertandingan Piala Dunia Pria

Profil Stephanie Frappart

Stephanie Frappart lahir pada 14 Desember 1983 dan merupakan salah satu wasit top di negaranya, Prancis. 

Ia tercatat sebagai wasit FIFA sejak 2011 dan sudah menorehkan berbagai prestasi serta pengalaman sebagai wasit wanita. 



Sumber : Associated Press/talkSport/FIFA+

BERITA LAINNYA



Close Ads x