Kompas TV video opini budiman

Kode Presiden Jokowi Soal Model Pemimpin yang Memikirkan Rakyat - OPINI BUDIMAN

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 09:50 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pidato presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan seratusan ribu relawan di Gelora Bung Karno hari Sabtu 26 november 2022 viral.

Frase pemimpin berambut putih dan kerutan di wajah sontak menjadi diskursus politik kontemporer. Jokowi mengatakan rambut putih dan kerutan di wajah adalah model pemimpin yang memikirkan rakyat, apa iya?

Viralnya pidato Jokowi menunjukkan bahwa Jokowi masih berkuasa untuk mengendalikan opini politik jelang 2024.

Pernyataan Jokowi kemudian ditafsirkan macam-macam. Ada yang menyebut pemimpin berrambut putih adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga pidato itu dianggap sebagai endorser pada calon tertentu

Namun, beberapa hari selanjutnya Presiden Jokowi memperlebar spekulasi politik bahwa hal itu bisa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Ekspresi Ganjar Ditanya soal Pemimpin Rambut Putih dan Capres 2024

Memang banyak kritik, agar presiden tidak mengendorse capres pilihannya. Presiden diharapkan bersikap netral. Namun, Jokowi dalam pernyataan lanjutanya justru memperlebar siapa itu rambut putih.

Jika kembali ke konstitusi, Capres dan Cawapres adalah domain parpol dan gabungan parpol. Hanyalah parpol yang memenuhi syaratlah yang berhak mencalonkan presiden dan wapres.

Presiden Jokowi tentunya punya kepentingan agar capres 2024 yang bakal menggantikannya. Capres punya komitmen melanjutkan program tahun jamak yang telah dicanangkannya. Program ibu kota negara adalah proyek strategis yang perlu dipastikan kelanjutannya. Dalam konteks itulah, Jokowi berupaya memberikan arah siapa calon presiden yang akan menggantikannya.

Baca Juga: Mitos Politik di Balik Capres Rambut Putih, Pengamat Sebut Jokowi sedang Unjuk Kekuatan

Pemimpin yang memikirkan rakyat adalah sosok pemimpin yang terus berpikir bagaimana mengurangi korupsi di negeri ini.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x