Kompas TV nasional peristiwa

Gempa M 6,2 Bikin Warga Jember Panik Keluar Rumah, Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 15:42 WIB
gempa-m-6-2-bikin-warga-jember-panik-keluar-rumah-belum-ada-laporan-kerusakan-dan-korban
Gempa Jember M 6,2 sempat bikin warga Jember panik. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JEMBER, KOMPAS.TV - Warga Jember, Jawa Timur, sempat kaget dan panik dengan adanya guncangan gempa Magnitudo 6.2 yang menimpa wilayah mereka. Hingga kini, belum dilaporkan adanya kerusakan dan korban imbas gempa ini. 

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Imron Fahim dari alun-alun Kota Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022), guncangan gempa terasa di hampir semua wilayah di Jember. Gempa dirasakan sekitar pukul 13.10 WIB.

Menurut laporan warga, guncangan gempa tersebut bermacam-macam. Sejumlah warga ada yang merasakan guncangan kencang, namun sebagian warga lain merasakan guncangan yang tidak terlalu kencang. Beberapa warga menyebut guncangan gempa seperti layaknya guncangan truk yang tengah melintas. 

Meski begitu, para warga sempat panik dan keluar rumah. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember sendiri saat ini masih menyisir kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini.  

Per jam 14.20 WIB, pihak berwenang masih dalam proses pendataan efek gempa Jember. Sejauh ini, disebutkan belum ada laporan terkait kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa.

Baca Juga: Ini Penyebab Gempa Jember Menurut BMKG, Jenisnya Patut Diwaspadai 

Para relawan juga dilaporkan tengah menyusuri pelbagai tempat di wilayah Jember untuk mengecek kerusakan imbas gempa ini. 

Kendati sempat panik, situasi dan kondisi warga kini sudah mulai kondusif.

Kompas TV melaporkan, seusai gempa, sejumlah motor dan mobil sudah mulai kembali berlalu lalang di sekitar alun-alun Kota Jember.

Baca Juga: Gempa Jember M 6,2 Tidak Terkait Cianjur, BNPB Minta Siaga Gempa Susulan

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,2 melanda Jember, Jawa Timur, Selasa siang (6/12/2022). Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan, gempa ini tidak berpotensi memicu gelombang tsunami.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 13.07 WIB.

BMKG mencatat, gempa berada di koordinat 10,75 derajat Lintang Selatan dan 113,42 derajat Bujur Timur. Adapun pusat gempa berada di 284 km arah barat daya Jember. Titik gempa berada di laut pada kedalaman 10 km.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x