Kompas TV entertainment lifestyle

Ini Gambaran Adat Panggih yang akan Dilakukan Jokowi di Pernikahan Kaesang-Erina

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 15:19 WIB
ini-gambaran-adat-panggih-yang-akan-dilakukan-jokowi-di-pernikahan-kaesang-erina
Presiden Joko Widodo usai melakukan rapat pernikahan Kaesang-Erina, Minggu (4/12/2022) di Solo, Jawa Tengah. Jokowi disebut akan melakukan prosesi adat panggih usai Kaesang-Erina akad nikah (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggunakan adat Panggih dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Nantinya, Jokowi akan menggunakan busana surjan, yang merupakan busana asli Solo dan Yogyakarta.

 "Saat upacara Panggih Pak Jokowi akan menggunakan busana surjan Yogyakarta," ujar pemilik Wedding Organizer (WO) Pengantin Production, Wigung Wratsangka, Selasa (6/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Beri Pelangkah untuk 2 Kakak Erina Gudono Sebelum Menikah, Apa Itu?

Wigung menambahkan dalam prosesi adat Pernikahan Kaesang dan Erina, cucu Jokowi, Jan Ethes dan Sedah Mirah akan bertugas membawa nampan cincin. 

"Yang bawa nampan Jan Ethes dan Sedah Mirah, selain lucu juga umurnya sudah mencukupi. Lalu tidak mencuri fokus, kalau yang bawa besar pengantinnya tidak nampak. Serta dianggap lebih suci tanpa dosa," jelas dia.

Apa Itu Adat Panggih?

Melansir kemdikbud.go.id, dalam pernikahan adat Jawa, Panggih merupakan puncak dari seluruh rangkaian pernikahan. 

Kata panggih atau dhaup berarti ‘temu’ dalam bahasa Indonesia yang artinya pertemuan antara pengantin pria dan wanita sebagai suami istri setelah sah menikah secara agama. 

Dalam upacara Panggih terdapat rangkaian acara yang bertujuan untuk memberi doa, baik kepada kedua pengantin dan memantapkan mereka dalam membina rumah tangga.

Upacara Panggih merupakan puncak acara bagi tradisi adat pernikahan bagi masyarakat Jawa yang penuh kehormatan dan kemeriahan. 

Pada upacara inilah kedua pengantin bertemu secara resmi dengan menggunakan busana pengantin kebesaran Paes Ageng Yogyakarta.

Adapun rangkaian acara dalam upacara panggih pengantin adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 500 Personel Polda DIY Amankan Pernikahan Kaesang-Erina

1. Sanggan Panebus Panggih atau Penyerahan Pisang Sanggan

Sanggan adalah bokor berkaki sebagai simbolisasi untuk menebus pengantin putri yang berisi dua sisir pisang raja, sirih ayu, kembang telon (mawar, melati, kenanga), dan benang lawai dalam satu keranjang. 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Kemdikbud

BERITA LAINNYA



Close Ads x