Kompas TV regional berita daerah

Jembatan Tertutup Material Vulkanik Semeru

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Material vulkanik gunung semeru tutup jembatan penghubung antar dusun di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Petugas membutuhkan alat berat serta tenaga manual untuk membuka akses jembatan.

Aktivitas warga Dusun Kajar Kuning dan Dusun Curah Kobokan di Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang, lumpuh, karena satu satunya jembatan penghubung tertutup material vulkanik semeru.

Meski tertutup material vulkanik, namun kondisi jembatan masih kokoh dan tidak mengalami kerusakan, sehingga warga dapat melintas dengan berjalan kaki.

Pantauan petugas Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, mengatakan jika kerusakan terjadi pada bronjong penahanan bantaran sungai yang ambrol.

Petugas melakukan pengawasan di lokasi jembatan, karena dikhawatirkan material jembatan longsor yang dapat membahayakan warga.

Selain menutup jalan, material vulkanik juga merusak rumah, sehingga ditinggalkan pemiliknya.

Visual gunung semeru dari pantau Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, aktivitas vulkanik masih fluktuatif sehingga berpotensi terjadi awan panas guguran dan jika terjadi hujan dikhawatirkan terjadi lahar hujan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x