Kompas TV olahraga sapa qatar

Portugal Bantah Cristiano Ronaldo Ingin Tinggalkan Skuad Piala Dunia 2022

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:15 WIB
portugal-bantah-cristiano-ronaldo-ingin-tinggalkan-skuad-piala-dunia-2022
Cristiano Ronaldo Portugal meninggalkan lapangan setelah kemenangan 6-1 timnya atas Swiss pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Portugal dan Swiss, di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 6 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) membantah laporan yang menyebut bahwa Cristiano Ronaldo sempat ingin meninggalkan skuad di Piala Dunia 2022 usai tidak bermain sebagai starter di laga melawan Swiss. 

Ronaldo yang kesal hanya bermain kurang dari 20 menit saat melawan Swiss, dilaporkan berbicara kepada pelatih Fernando Santos bahwa dia tidak senang dengan keputusannya yang tidak memainkan dirinya sejak menit awal. 

Kapten Timnas Portugal itu bahkan mengancam akan mengemasi barangnya dan meninggalkan Qatar. 

Akan tetapi, laporan tersebut telah dibantah dengan tegas oleh FPF. Mereka mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar dan skuad Portugal tetap berkomitmen untuk bersama demi memenangkan Piala Dunia 2022.

"Berita yang dirilis Kamis hari ini melaporkan bahwa Cristiano Ronaldo mengancam akan meninggalkan tim nasional selama percakapan dengan pelatih tim nasional Fernando Santos," buka FPF dikutip dari laman resmi federasi tersebut. 

"FPF mengklarifikasi bahwa kapten Timnas, Cristiano Ronaldo, tidak pernah mengancam keluar dari timnas selama bertugas di Qatar," tegas FPF. 

“Cristiano Ronaldo membangun rekam jejak yang unik setiap hari untuk melayani tim nasional dan negara, yang harus dihormati dan membuktikan tingkat komitmen yang tidak perlu dipertanyakan kepada tim nasional."

Baca Juga: Terungkap, Ronaldo Sempat Ingin Tinggalkan Skuad Portugal usai Tak Jadi Starter saat Lawan Swiss

“Kebetulan, tingkat dedikasi pemain yang paling banyak bermain di timnas Portugal kembali ditunjukkan – jika perlu – dalam kemenangan melawan Swiss, di babak 16 besar Piala Dunia 2022."

"Tim nasional – pemain, pelatih, dan struktur FPF – seperti yang telah dilakukan sejak hari pertama, berkomitmen penuh dan antusias dalam membangun apa yang diinginkan negara untuk menjadi partisipasi terbaik Portugal di Piala Dunia," demikian pernyataan tersebut. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, media Portugal Record melaporkan bahwa Ronaldo ingin berkemas dan keluar dari skuad Timnas Portugal di Piala Dunia usai tahu bahwa dia tidak akan tampil dalam susunan pemain utama untuk pertandingan 16 besar melawan Swiss. 

Selepas pertandingan tersebut, kapten Timnas Portugal itu kemudian terlibat percakapan yang  tegang dengan Santos dan mengancam akan meninggalkan skuad di Piala Dunia 2022.

Mantan pemain Manchester United itu mengatakan kepada Santos bahwa dia tidak senang dengan keputusannya untuk tidak memainkan dirinya sejak menit pertama. 

Namun, masih dalam laporan tersebut, Ronaldo kemudian mengurungkan niatnya dan segera berubah pikiran setelah sadar dan tahu betapa pentingnya untuk menjaga stabilitas di Timnas Portugal. 

Baca Juga: Suporter Portugal Minta Cristiano Ronaldo Tak Terima Tawaran Klub Arab Al Nassr!

Laporan tersebut juga menambahkan, anggota skuad Portugal lainnya paham bahwa Ronaldo sedang menjadi sorotan publik, dan bahwa setiap langkah yang diambilnya diawasi dengan cermat. Namun, laporan itu mengeklaim ada 'niat yang jelas' dari para pemain 'untuk tidak membiarkan tindakan sang bintang berdampak negatif' kepada tim yang saat ini memiliki peluang untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

Pekan ini, Marca juga memberitakan bahwa Ronaldo tidak berlatih bersama skuad Portugal yang tidak bermain di babak 16 besar Piala Dunia. 

Dia justru berlatih bersama skuad inti yang diberi latihan ringan di gym untuk memulihkan kondisi. 

Hubungan Ronaldo dan Santos beberapa hari ini memang sedikit memburuk usai sang pelatih tidak senang dengan reaksi yang ditunjukkan bintangnya itu di laga melawan Korea Selatan. 

"Jika saya melihat gambarnya, ya, saya tidak menyukainya, tidak sama sekali. Saya benar-benar tidak menyukainya," kata Santos tentang reaksi Ronaldo saat ditarik keluar.

Timnas Portugal saat ini tengah bersiap untuk menghadapi Maroko di babak perempat final Piala Dunia 2022 pada Sabtu (10/12/2022) lusa. 

Ronaldo sendiri diprediksi bakal kembali menghuni bangku cadangan dan Santos akan kembali memercayakan lini depan Portugal kepada Goncalo Ramos yang tampil sensasional di laga sebelumnya.

Baca Juga: Fernando Santos Ungkap Alasan Cadangkan Cristiano Ronaldo di Laga 16 Besar Piala Dunia 2022


 

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x