Kompas TV internasional kompas dunia

Aktris Iran Peraih Piala Oscar Ditangkap Usai Ungkap Solidaritas di Media Sosial Bagi Pengunjuk Rasa

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 14:47 WIB
aktris-iran-peraih-piala-oscar-ditangkap-usai-ungkap-solidaritas-di-media-sosial-bagi-pengunjuk-rasa
Iran menangkap salah satu aktris paling terkenal di negara itu, Sabtu (17/12/2022) atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional. Taraneh Alidoosti, bintang film pemenang Oscar The Salesman, ditahan selama satu minggu atas postingan di Instagram yang menyatakan solidaritas dengan pria pertama yang baru-baru ini dieksekusi karena kejahatan yang diduga dilakukan selama unjuk rasa. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KAIRO, KOMPAS.TV — Pihak berwenang Iran menangkap salah satu aktris paling terkenal di negara itu Sabtu (17/12/2022), atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional yang melanda negara itu, kata media pemerintah.

Laporan kantor berita resmi Iran IRNA mengatakan Taraneh Alidoosti, bintang film pemenang Oscar 'The Salesman', ditahan selama satu minggu setelah dia membuat postingan di Instagram yang menyatakan solidaritas dengan pria pertama yang baru-baru ini dieksekusi karena kejahatan yang diduga dilakukan selama unjuk rasa.

Pengumuman tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian penangkapan selebritas, yang mencakup pesepakbola, aktor, dan influencer, sebagai tanggapan atas dukungan terbuka mereka untuk demonstrasi anti-pemerintah yang kini masuk ke bulan ketiga.

Menurut laporan yang dipublikasikan di saluran Telegram resmi media pemerintah, Alidoosti ditangkap karena dia tidak memberikan dokumen apa pun yang sesuai dengan klaimnya.

Dikatakan beberapa selebritas Iran lainnya juga dipanggil oleh badan peradilan karena menerbitkan konten yang provokatif, dan beberapa telah ditangkap. Laporan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut.

''Namanya Mohsen Shekari. Setiap organisasi internasional yang menyaksikan pertumpahan darah ini dan tidak mengambil tindakan adalah aib bagi umat manusia," kata aktris berusia 38 tahun itu  dalam postingannya.

Baca Juga: Keanggotaannya Dicabut dari Komisi Status Perempuan PBB, Iran Meradang: Ini Bidah Politik

Iran menangkap salah satu aktris paling terkenal di negara itu hari Sabtu, (17/12/2022) atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional. Taraneh Alidoosti, bintang film pemenang Oscar The Salesman, ditahan selama satu minggu setelah dia membuat postingan di Instagram yang menyatakan solidaritas dengan pria pertama yang baru-baru ini dieksekusi karena kejahatan yang diduga dilakukan selama unjuk rasa. (Sumber: AP Photo)

Shekari dieksekusi pada 9 Desember setelah didakwa oleh pengadilan Iran memblokir jalan di Teheran dan menyerang seorang anggota pasukan keamanan negara itu dengan parang.

Pada bulan November, Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, dua aktris terkenal Iran lainnya, ditangkap oleh pihak berwenang karena mengungkapkan solidaritas dengan pengunjuk rasa di media sosial.

Voria Ghafouri, seorang pemain sepak bola Iran, juga ditangkap bulan lalu karena 'menghina tim sepak bola nasional dan melancarkan propaganda melawan pemerintah. Ketiganya telah dibebaskan.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x