Kompas TV nasional budaya

Ganjar Apresiasi Deklarasi Komitmen untuk Bangsa oleh Raja dan Sultan Se-Nusantara

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 22:12 WIB
ganjar-apresiasi-deklarasi-komitmen-untuk-bangsa-oleh-raja-dan-sultan-se-nusantara
Festival Adat Budaya Nusantara II (FABN II) digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jateng, sejak Jumat 9 Desember 2022 hingga Sabtu 10 Desember 2022. (Sumber: Dok. Matras)
Penulis : Meirna Larasati

MAGELANG, KOMPAS.TV – Festival Adat Budaya Nusantara sukses digelar untuk kedua kalinya di Magelang, Jawa Tengah. Perhelatan akbar ini diikuti sebanyak 264 raja, sultan, pemangku adat, dan tetua suku se-Indonesia.

Pada kesempatan ini, peserta festival menghasilkan deklarasi berisi komitmen untuk melestarikan, menjaga dan mengembangkan ragam adat dan budaya Nusantara demi keutuhan NKRI dan kemajuan bangsa.

Festival Adat Budaya Nusantara II (FABN II) digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, sejak Jumat 9 Desember 2022 hingga Sabtu 10 Desember 2022. Tahun ini Jawa Tengah berkesempatan menjadi tuan rumah. Sementara itu, Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II menjadi ketua panitia.

Pada hari pertama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut hadir dalam pertemuan para petinggi adat se-Nusantara dan ikut mendengarkan pembacaan deklarasi kebangsaan yang telah dihasilkan.

Para pemangku adat se-Nusantara ini tergabung dalam wadah organisasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra). Istimewanya lagi, sejumlah perwakilan kerajaan mancanegara juga hadir sebagai tamu kehormatan, yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang, dan Thailand.

Selain berisi musyawarah para raja, sultan, dan tetua adat se-Nusantara, FABN II juga diisi beragam acara menarik. Suasana sekitar kawasan Candi Borobudur dimeriahkan karnaval budaya, pesta rakyat, dan pagelaran wayang hingga dini hari.

Tidak hanya para tamu undangan, masyarakat hingga para wisatawan di kawasan Candi Borobudur pun dapat menyaksikan kemeriahan tersebut.

Baca Juga: Festival Adat Budaya Nusantara

Ketua Panitia FABN II, KGPAA Mangku Alam II mengatakan, perhelatan ini kembali digelar untuk terus memperkuat silaturahim semua pemangku kerajaan, kesultanan, dan lembaga adat se-Nusantara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x