Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Langsung Kecam FIFA Usai Tidak Boleh Pidato Sebelum Pertandingan Final Piala Dunia Qatar

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 05:15 WIB
ukraina-langsung-kecam-fifa-usai-tidak-boleh-pidato-sebelum-pertandingan-final-piala-dunia-qatar
Ukraina hari Minggu, (18/12/2022) langsung mengecam FIFA, usai mengatakan FIFA menolak menayangkan pesan video dari Presiden Volodymyr Zelenskyy sebelum final Piala Dunia hari Minggu di Qatar, yang diklaim berisi seruan perdamaian dunia. (Sumber: New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Ukraina langsung mengecam FIFA, usai mengatakan FIFA menolak menayangkan pesan video dari Presiden Volodymyr Zelenskyy sebelum final Piala Dunia hari Minggu di Qatar, yang diklaim berisi seruan perdamaian dunia.

Dalam pesan video tersebut seperti laporan Straits Times, Minggu (18/12/2022), Zelensky mengusulkan diadakannya KTT perdamaian global musim dingin ini. “Kami menawarkan Formula Perdamaian kepada dunia. Benar-benar adil. Kami menawarkannya karena tidak ada juara dalam perang, tidak ada hasil imbang.”

Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari, dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus". Konflik tersebut telah menewaskan ribuan warga sipil dan membuat jutaan orang mengungsi dari rumah mereka yang hancur.

“Saya mengumumkan inisiatif untuk mengadakan KTT Formula Perdamaian Global musim dingin ini. Puncaknya adalah untuk menyatukan semua bangsa di dunia di sekitar penyebab perdamaian global. Stand stadion menjadi kosong setelah pertandingan, dan setelah perang kota-kota tetap kosong,” katanya.

Zelenskiy ingin tampil melalui tautan video sebelum Argentina menghadapi juara bertahan Prancis di Stadion Lusail Doha untuk final dengan perkiraan penonton global ratusan juta, CNN melaporkan.

FIFA tidak menanggapi permintaan komentar berulang kali, tetapi tampaknya tidak mungkin memberi Zelenskiy platform mengingat pendiriannya tentang pesan politik di Piala Dunia.

Pembantu presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan di Twitter bahwa FIFA "menunjukkan kurangnya pemahaman tentang bencana yang diseret oleh Federasi Rusia ke dunia dengan memulai perang di Ukraina".

Rusia menembakkan lebih dari 70 rudal ke Ukraina pada hari Jumat dalam salah satu pengeboman terberatnya sejak dimulainya perang, melumpuhkan listrik di kota terbesar kedua dan memaksa Kyiv menerapkan pemadaman darurat secara nasional.

Baca Juga: Putin Temui Para Jenderal Rusia, Diyakini Bicarakan soal Langkah Moskow di Ukraina Selanjutnya

Putin gelar rapat dengan petinggi militer membahas serangan ke Ukraina. Pasukan militer Rusia  menembaki pusat kota Kherson, kota besar tempat tentara Rusia mundur bulan lalu (Sumber: Straits Times)

Pasukan militer Rusia pada hari Minggu (18/12/2022) menembaki pusat kota Kherson, kota besar tempat tentara Rusia mundur bulan lalu usai kemunduran medan perang terbesar Moskow di Ukraina.

Tiga orang terluka dalam serangan itu, kata wakil kepala staf kepresidenan Kyrylo Tymoshenko. Kota selatan dan wilayah sekitarnya sering diserang sejak mundurnya Rusia.

Gubernur daerah Yaroslav Yanushevych mengatakan pada hari Minggu bahwa Rusia melakukan 54 serangan dengan tembakan roket, mortir dan tank pada hari sebelumnya, menewaskan tiga orang dan melukai enam lainnya.

Sementara itu, di Rusia, gubernur wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov, mengatakan pada Minggu bahwa satu orang tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam penembakan Ukraina di wilayah tersebut, yang terletak di sepanjang perbatasan utara Ukraina.

Pada fase terakhir perang yang dimulai Rusia hampir 10 bulan lalu, pasukan Moskow menargetkan infrastruktur yang melayani warga sipil, seperti saluran pasokan air dan listrik, menambah penderitaan warga Ukraina saat musim dingin tiba.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menggunakan final Piala Dunia sepak bola untuk mengecam perang.

"Piala Dunia ini membuktikan berkali-kali bahwa negara yang berbeda dan kebangsaan yang berbeda dapat memutuskan siapa yang terkuat dalam permainan yang adil tetapi tidak dalam permainan dengan api - di lapangan permainan hijau, bukan di medan perang merah," kata Zelenskyy dalam sebuah video bahasa Inggris yang dirilis beberapa jam sebelum final di Qatar antara Argentina dan Prancis.

 



Sumber : Straits Times/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.