Kompas TV regional wisata

41 Kapal Disiapkan Bagi Wisatawan yang Hendak Tahun Baru di Pulau Seribu, Diimbau Berangkat Pagi

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 16:25 WIB
41-kapal-disiapkan-bagi-wisatawan-yang-hendak-tahun-baru-di-pulau-seribu-diimbau-berangkat-pagi
Dermaga di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Kamis (18/12/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 41 armada kapal laut disiapkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk melayani wisatawan yang akan merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu.

“Masyarakat yang menggunakan kapal bisa melalui Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, di sana ada kapal Dishub dan kapal rakyat,” terang Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa (20/12/2022), dikutip dari Antara.


 

Adapun dari 41 armada kapal laut itu, sebanyak 22 kapal milik Dinas Perhubungan DKI dan 19 kapal lainnya adalah kapal rakyat.

Bagi calon penumpang atau wisatawan, diimbau untuk berangkat pada pagi hari karena saat sore hari sudah tidak ada pelayaran. Hal ini mencermati kondisi cuaca dan tinggi air laut yang mulai meninggi.

“Kami imbau berangkat merayakan tahun baru pada 31 Desember ke Pulau Seribu bisa berangkat hari Jumat, ada layanan atau pas Sabtu pagi bisa berangkat sehingga malamnya bisa melakukan kegiatan,” tutur Syafrin.

Baca Juga: Menggiurkan, Inilah Makanan Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia yang Disajikan saat Natal

Lebih lanjut, khusus di Kepulauan Seribu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu salah satunya terkait kesiapan akomodasi di Pulau Untung Jawa.

“Biasanya di Pulau Untung Jawa ada 'homestay' untuk wisatawan menginap,” kata Syafrin.

Selain menginap di sejumlah penginapan yang salah satunya dikelola warga setempat, wisatawan di Pulau Untung Jawa juga dapat mendirikan tenda yang dapat dilakukan di bibir pantai.

Pusat perayaan malam tahun baru

Di samping itu, Pemprov DKI telah menetapkan tujuh lokasi perayaan malam tahun baru, antara lain di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10, Jakarta Utara dan Jakarta Barat di masing-masing kantor wali kota.

Kemudian di Jakarta Selatan di Setu Babakan dan di Jakarta Timur di Old Shanghai, Cakung serta di Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Puncaknya, kegiatan malam tahun baru dijadwalkan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x