Kompas TV nasional sosial

Peringatan HKSN Mensos Risma Bangkitkan Kembali Kesetiakawanan Sosial

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 07:00 WIB
peringatan-hksn-mensos-risma-bangkitkan-kembali-kesetiakawanan-sosial
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak masyarakat untuk membangkitkan kesetiakawanan sosial untuk memajukan bangsa Indonesia dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (20/12/2022). (Sumber: ANTARA/Devi Nindy)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak masyarakat untuk membangkitkan kesetiakawanan sosial untuk memajukan bangsa Indonesia.

Pesan tersebut disampaikan Mensos Risma saat peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (20/12/2022).

Peringatan HKSN disinergikan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) termasuk di UPT Kemensos sejumlah daerah. Peringatan HKSN mengambil tema 'Bangkit Bersama Membangun Bangsa'.

"Arahnya kita ingin, kita bisa kembali lagi menjadi bangsa Indonesia yang luar biasa dengan melakukan gotong-royong dan kesetiakawanan bersama," ujar Risma dalam pidatonya. 

Baca Juga: Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial di Gorontalo Berlangsung Meriah

Mensos menjelaskan tema Bangkit Bersama Membangun Bangsa ini memiliki tujuan yang mendalam. Ia menilai tidak ada yang lebih tinggi dan lebih rendah untuk memajukan bangsa.

"Memerangi kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, mereka punya hak yang sama," ujar Risma, dikutip dari Antara

Peringatan HKSN dan HDI tahun 2022 didasarkan pada kesadaran setiap elemen bangsa memiliki sumbangsih sangat berharga, tidak hanya pemerintah tetapi seluruh elemen masyarakat, termasuk di dalamnya lembaga sosial, pilar sosial, hingga dunia usaha.

Adapun HKSN diperingati dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendorong tumbuhnya partisipasi sosial, solidaritas, kerukunan, saling bantu, menggugah kepedulian sosial, empati, berbagi, dan toleran.

Baca Juga: Momen Mensos Risma Kepentok Spion Saat Tinjau Lokasi Gempa Cianjur.

Di antaranya perbaikan rumah untuk disabilitas, penyediaan fasilitas air bersih, juga pembangunan sekolah dan beberapa aktivitas pada operasi katarak di 31 titik di Indonesia.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x